Sepak Takraw Masih Fokus Berlatih Fisik

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 11:21:24 WIB   |  dibaca: 41 kali
Sepak Takraw Masih Fokus Berlatih Fisik

LATIHAN : Pemain sepak takraw Pra PON Banten berlatih untuk meningkatkan kemampuan agar di PON Papua tahun depan bisa meraih medali emas.

SERANG, BANTEN RAYA - Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) cabang olahraga (cabor) sepaktakraw dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua, masih dalam tahap persiapan umum. Pada tahap ini, program latihan atlet masih dikonsentrasikan pada latihan fisik.

Hal tersebut disampiakan Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (Pengprov PSTI) Banten Muchlis Ali kepada Banten Raya, kemarin. Kata dia, Pelatda PON masih di tahap persiapan umum, yang sebetulnya sudah berjalan usai menjalani babak Prakulifikasi PON pada November 2019 lalu.

“Kami berlatih hampir setiap hari, pagi dan sore hari. Kecuali di hari jumat libur. Pada tahap persiapan umum ini, selain ada tambahan tes fisik dari KONI Banten yang digelar beberapa waktu lalu, atlet juga sudah berlatih seperti, balke (lari 15 menit), sato run (8x5 meter), lari 20 meter, dan diselingi dengan fitness,” bebernya.

Diketahui, atlet sepaktakraw Banten yang lolos ke PON XX ini, ada lima atlet putra yang bermain di nomor inter regu dan double event, dan tiga atlet putri yang bermain di nomor double event. “Selain berlatih pada pengolahan kondisi fisik, dari jadwal latihan tiap minggunya, di akhir pekan diselangi juga dengan latihan tehnik,” tutur Muchlis.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa tahap persiapan umum akan berlangsung hingga Februari. Dan setelah itu, program latihan atlet akan ditingkatkan, ke tahap persiapan khusus. “Di tahap persiapan khusus ini, sudah masuk program latihan kecabangan, seperti berlatih block, servic hingga umpan. Dan rencanannya, pada tahap ini juga akan ada jadwal uji coba,” sambungnya.

Adapun daerah yang perlu diwaspadai Banten pada saat tampil di PON XX nanti, dikatakan Muchlis, yakni dari daerah Gorontalo dan Sumatera Barat. “Gorontalo ini tim sepaktakrawnya menjadi tim juara bertahan pada saat PON Riau dan PON Jawa Barat. Sementara Sumatera Barat, tim mereka belum lama ini menjadi juara di kejuaraan nasional,” tutup Muchlis. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook