Pemkot Diminta Segera Hibahkan Lahan KUA Serang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 12:04:12 WIB   |  dibaca: 66 kali
Pemkot Diminta Segera Hibahkan Lahan KUA Serang

MINTA HIBAH: Kepala KUA Serang Komarudin duduk di ruang tengah KUA Serang yang sempit, Selasa (14/1). Perluasan gedung belum bisa dilakukan karena status tanah masih pinjam pakai.

SERANG, BANTEN RAYA- DPRD Kota Serang meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Serang segera menghibahkan lahan yang saat ini dipinjam pakai oleh KUA Kecamatan Serang yang berlokasi di Cinanggung, Kecamatan Serang. Sebab, belum diserahkannya aset berupa lahan tersebut berpengaruh pada pelayanan kepada masyarakat yang tidak maksimal.
“Karena itu kami minta hibah tanah untuk KUA segera diserahkan,” kata Budi, Selasa (14/1).

Kepala KUA Serang Komarudin mengaku mendukung pernyataan Ketua DPRD agar Pemkot Serang segera menghibahkan lahan ke KUA Serang. Sebab pihak KUA sendiri sudah mengajukan permohonan hibah itu ke Walikota Serang pada Juli 2019 lalu melalui Bidang Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Serang.

Luasan lahan yang diajukan 1.000 meter persegi, dari sekitar 7.000 meter lahan yang ada yang merupakan milik Pemkot Serang. Sementara yang sudah dipakai sekarang oleh KUA Serang untuk gedung dan parkir hanya 600 meter. “Saya sangat mendukung pernyataan Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi,” katanya.

Komarudin mengatakan bahwa ada sejumlah kendala ketika lahan yang ditempati KUA Serang belum dihibahkan. Karena berstatus pinjam pakai, maka lahan ini tidak bisa diguankan sepenuhnya dan bisa diambil pemiliknya kapan saja sehingga pihak KUA bisa terusir. Ribetnya, setiap tahun harus melaporkan kondisi aset ke Pemkot Serang.


Komarudin juga menyatakan bahwa ia ingin membangun secara permanen KUA Serang dengan mengajukan anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama pusat, namun tidak bisa dilakukan karena status tanah harus sudah bersertifikat hibah. Tanpa itu pembangunan tidak bisa dilakukan. Pembangunan KUA menggunakan dana SBSN pernah dilakukan saat membangun KUA Cipocok Jaya yang dibangun tahun 2018.“Kalau statusnya sudah hibah, minimal 1.000 meter akan kami bangun dengan SBSN dari Kemenag pusat,” katanya.

Komarudin menuturkan bahwa dalam membangun KUA Serang ia memerlukan dukungan dari semua stakeholder yang berkepentingan, seperti warga, tokoh masyarakat, alim ulama, ustad, kiyai, lurah, kanwil, dan yang paling penting adalah Walikota Serang Syafrudin untuk segera membantu status hibah tanah tersebut.

Pandeglang pada acara Hari Amal Bakti beberapa waktu lalu bahkan memberikan hibah lahan di 5 lokasi untuk KUA di Pandeglang. Menurutnya, inilah yang perlu dijadikan contoh. “Apalagi ini Kota Serang kan Ibu Kota Provinsi Banten. Kalau KUA-nya bagus Kota Serang dan Provinsi Banten akan terbawa bagus karena kantor KUA-nya keren,” ujarnya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook