10 Pelaku Curanmor Dibekuk, 3 Ditembak

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 12:08:19 WIB   |  dibaca: 223 kali
10 Pelaku Curanmor Dibekuk, 3 Ditembak

BARANG BUKTI: Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan menunjukkan barang bukti yang digunakan oleh para pelaku curanmor saat ekspose kasus curanmor, Selasa (14/1). Dari pengungkapan itu polisi berhasil mengamankan 27 kendaraan dan langsung dikembalikan kepada pemiliknya.

SERANG, BANTEN RAYA- Satuan Reskrim Polres Serang dan Polres Serang Kota berhasil membekuk 10 pelaku pencurian sepeda motor, komplotan Pandeglang dan Lampung. Dari jumlah itu, polisi mengamankan barang bukti kejahatan sebanyak 29 unit sepeda motor.

Berdasarkan data yang diperoleh Banten Raya, Satreskrim Polres Serang berhasil menangkap lima orang pelaku yaitu Ismail, Rendi Wayudi, Jaini, Muhamamad Fajar dan Solihin Sanjaya. Kelimanya merupakan satu komplotan asal Lampung, Sumatera, dengan barang bukti sebanyak 27 kendaraan.

Sedangkan kelima pelaku lainnya diamankan Satrekrim Polres Serang Kota yaitu Gus Fatoni, Suandi, Rudi, Yandi dan Ahdi. Kelima pelaku merupakan komplotan asal Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, dengan barang bukti sebanyak 2 kendaraan.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan, kelima tersangka diamankan di lokasi terpisah. Dari kelima pelaku, tiga orang yaitu Muhammad Fajar, Jaini dan Ismail terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melarikan diri saat akan ditangkap."Kita berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor dibanyak TKP, dengan 5 tersangka. Ini penangkapan dari kurun waktu dari Desember 2019 hingga Januari 2020," katanya kepada Banten Raya di Mapolres Serang, Selasa (14/1).

Indra menjelaskan, kendaraan yang menjadi sasaran pelaku pencurian yaitu kendaraan-kendaraan baru yang terparkir di rumah. Dalam menjalankan aksi kejahatan, salah satu pelaku dibekali dengan senjata api (senpi) rakitan."Satu spesialis pake senpi. Hasil ungkap mereka, sasarannya motor yang masih baru dijual dengan harga Rp 2 juta. BB (barang bukti) dari kelima tersangka dari beberapa TKP mencapai 27 motor. Kita juga masih mengembangkan ke penadahnya," jelasnya.

Indra menegaskan, berdasarkan keterangan pelaku JN, dirinya sudah melakukan pencurian di 20 tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan pelaku lainnya lebih dari 6 TKP. Jumlah tersebut merupakan hasil laporan masyarakat."Tersangka JN (Jaini) dikenakan undang-undang darurat ancamanya 20 tahun dan 4 tersangka lainnya pasal 363 KUHP tentang pencurian ancamannya 7 tahun penjara. Mereka satu kampung, kegiatannya pisah, tapi modusnya sama," teganya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Serang Kota AKP Indra Feradinata mengatakan penangkapan kelima komplotan curanmor tersebut merupakan hasil dua laporan polisi di parkiran Cafe Angel Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang pada 11 Januari 2020 kemarin."Dari kelima ini, tiga pelaku utama dan dua orang pelaku penadah. Awalnya kami menerima informasi dari korban pertama Atep Junawan (34) yang kehilangan motornya pada pukul 02.00, dan laporan kedua di hari yang sama namun dengan waktu berbeda dengan korban Mas Aditya Ramadansyah pukul 23.00," katanya.

Indra menambahkan, dari laporan itu anggota Reskrim Polres Serang Kota langsung bergerak dan berhasil mengamankan Ahdi di terminal Pakupatan, Kota Serang. Setelah itu, tim juga berhasil mengamankan tersangka lainnya Suandi dan Agus di kontrakan daerah terminal Pakupatan."Dari pengakuan mereka, motor korban sudah dijual ke daerah Cikeusik, Kabupaten Lebak kepada seorang penadah atas nama Rudi dengan harga Rp 1,5 juta. Kemudian motor itu dijual lagi ke tersangka Yandi," tambahnya.

Indra menegaskan, dari penangkapan itu pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor Honda Vario dan motor Suzuki Satria F serta enam buah kunci letter T berikut anak kuncinya. "Ketiga tersangka yaitu Ahdi, Suandi, Agus dikenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman minimal tujuh tahun penjara dan kedua tersangka lainnya Rudi dan Yandi dikenakan pasal 480 dengan ancaman penjara minimal lima tahun," tegasnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook