Menguat, Rencana Mutasi Digelar Jumat

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 12:23:49 WIB   |  dibaca: 101 kali
Menguat, Rencana Mutasi Digelar Jumat

APEL PAGI : ASN Pemkab Tangerang mengikuti apel pagi di Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, Kecamatan Tigaraksa, Senin (13/1).

KAB TANGERANG, BANTEN RAYA - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli  terus mencari formasi tim birokrat ideal. Demi menyukseskan program-program pro rakyat, mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang segera digulirkan lagi. Bahkan dikabarkan, mutasi itu akan dilakukan pada Jumat (17/1) mendatang.

Salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Tangerang, yang meminta namanya dirahasikan, mengatakan, rencana mutasi memang sempat dikabarkan diundur pada awal Februari 2020. Namun, beberapa hari ini, rencana tersebut santer terdengar lagi.

Bahkan, saat apel pada Senin (13/1) lalu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sudah menyampaikan sendiri informasinya, ”reshuffle” pegawainya akan tersebut berlangsung pekan ini. Menurutnya, gelombang terbesar melanda pejabat eselon III atau setingkat kepala bidang dan sekretaris dinas.

Namun, gerbong mutasi juga bakal menyasar pejabat eselon II atau sekelas kepala dinas. Khususnya, yang kinerjanya dinilai buruk. “Biasanya, jika pak bupati sudah menyampaikan akan ada mutasi, tidak akan lama lagi. Mungkin, Jumat (17/1) mendatang, sudah ada surat undangan mutasi,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di Kantor Bupati Tangerang Tangerang, Selasa (14/1).

Dia menambahkan, dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Tangerang, sudah muncul tanda-tanda persiapan mutasi itu. Ada evaluasi terhadap kinerja pejabat di seluruh instansi. Juga, nama-nama pejabat yang sudah masuk daftar rolling. Sebagian pejabat disiapkan untuk mengisi jabatan kosong. ”Rencana itu masih dikaji lagi, terutama soal penempatan posisi masing-masing pejabat,” ungkapnya.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar tidak memungkiri hal itu. Orang nomor satu di Pemkab Tangerang ini menyebutkan, rotasi dan mutasi merupakan hal yang wajar dalam tubuh organisasi. “Mutasi merupakan hal biasa. Salah satu tujuannya, untuk memacu kinerja pegawai.

Jangan berpikir hal yang lain, karena semua ASN di Pemkab Tangerang sudah dipantau kinerjanya. Untuk itu, saya harap kepada seluruh ASN lingkungan Pemkab, tujukan saja kinerjanya,” singkat Zaki melalui keterangan yang dikirim kepada wartawan.  

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli juga membenarkan bahwa dirinya dan bupati memang tengah mempersiapkan mutasi tersebut. ”Insya Allah pekan ini,” kata pria yang akrab Haji Ombi ini saat dikonfrimasi melalui telepon.Saat ini, lanjut Ombi, Baperjakat terus mempersiapkannya. “Saat ini, masih diproses Baperjakat,” katanya.

Saat ditanya mengapa rencana mutasi berkali-kali tertunda? Ombi menjelaskan, penundaan terjadi karena penilaian kinerja pejabat masih berlangsung. ”Jadi, dalam mutasi ini, kami mempertimbangkan usul dari semua OPD (organisasi perangkat daerah_red),” jelasnya.

Menurut Ombi, setiap pimpinan OPD diminta memberikan masukan soal kinerja pejabat jajarannya. Jika ada catatan, baperjakat akan mengkajinya untuk pertimbangan mutasi. Sebab, ada sejumlah perombakan pejabat yang membutuhkan persetujuan dari pusat. ”Makanya, mutasi nanti juga dalam rangka pengisian jabatan yang kosong,” katanya.Namun sayang, Ombi enggan menjawab saat ditanya kembali bahwa mutasi itu akan dilakukan pada Jumat (17/1) mendatang. "Wait and see (tunggu dan lihat_red)," pungkasnya. (imron).

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook