Butuh Rp30 Miliar untuk RSUD Kragilan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 12:29:18 WIB   |  dibaca: 83 kali
Butuh Rp30 Miliar untuk RSUD Kragilan

SIAP UNTUK DIBANGUN : Lahan bekas Pasar Kragilan di Kecamatan Kragilan akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit tipe D.

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang telah mengusulkan pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) di Kecamatan Kragilan tepatnya di lahan bekas Pasar Kragilan untuk dibangun pada tahun ini. Pasalnya, pembangunan RSUD Kragilan sudah mendesak. Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk membangun RSUD tersebut kurang lebih Rp30 miliar.

Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi mengatakan, Pemkab Serang memerlukan rumah sakit tipe C dan D karena saat ini rumah sakit yang ada yakni Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) sudah menjadi tipe B dan menjadi rumah sakit rujukan regional bagi kabupaten/kota di sekitarnya. “Dengan dijadikannya rumah sakit rujukan regional maka RSDP dalam memberikan pelayanan menjadi terbagi,” kata Agus, Selasa (14/1).

Selain itu, RSDP dalam memberikan pelayanan kurang optimal karena masih kekurangan, baik dari sisi ruang inap, tenaga medis, dan juga penunjang lainnya, sehingga perlu diantisipasi dengan membangunan rumah sakit tipe C dan D. “Alhamdulillah Kabupaten Serang punya lahan eks Pasar Kragilan yang disiapkan atas kebijakan ibu bupati (Rt Tatu Chasanah-red) untuk menjadi rumah sakit tipe D di wilayah Serang timur,” ujarnya.

Untuk rencana pembangunannya sendiri, Agus mengungkapkan, saat ini masih dalam proses studi kelayakan, sedangkan untuk pembuatan detail engineering design (DED) sudah selesai dibuat oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB). “Kalau usulkan kami 2020 ini sudah mulai dibangun tahapan-tahapannya. Tapi itu tergantung dari ketersediaan anggaran yang ada di pemda,” paparnya.

Sedangkan terkait dengan anggaran, Agus menuturkan, pihaknya telah mengupayakan melalui dana alokasi khusus (DAK) fisik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), namun perlu ada komitmen dari Pemkab Serang untuk menyiapkan anggaran pendamping. “Jadi untuk anggaran tidak dimungkinkan kalau semuanya berasal dari DAK Kemenkes. Untuk estimasi kebutuhan anggaran kalau tidak salah sekitar Rp30 miliar, walaupun itu mungkin dibangun secara bertahap,” katanya.

Ia menilai, pembangunan RSUD di Kecamatan Kragilan jika dilihat dari kebutuhan tempat tidur pasien yang tersedia saat ini di RSDP dan dua rumah sakit swasta di Kabupaten Serang maka kondisinya sangat mendesak. “Kebutuhan untuk tempat tidur pasien saja dengan jumlah penduduk 1,5 juta itu diperlukan kurang lebih 1.500 tempat tidur pasien. Sedangkan yang ada saat ini baru mencapai 750 tempat tidur pasien, jadi masih kurang banyak,” tuturnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook