Pasarkan Produk Lokal, Pemkab Gandeng Minimarket

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Kamis, 16 Januari 2020 - 12:53:25 WIB   |  dibaca: 54 kali
Pasarkan Produk Lokal, Pemkab Gandeng Minimarket

PRODUK LOKAL : Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli bersama Mikro Economic Project Executive dari Indomaret Purwanto Wahyudi melihat produk lokal asal Kabupaten Tangerang dalam acara pelatihan kewirausahaan di GSG, Puspemkab Tangerang, Rabu (15/1).

KAB TANGERANG, BANTEN RAYA - Untuk mengakselerasi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berkolaborasi dengan PT Indomarco Prismatama atau Indomaret.

Selain pemasaran, Indomaret akan ikut mendampingi lewat berbagai pelatihan, seperti manajemen keuangan, pengemasan, dan sebagainya, sehingga UMKM Kabupaten Tangerang bisa lebih berdaya saing.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan, produk makanan lokal khas Kabupaten Tangerang itu banyak. Namun belum terkenal baik di lokal maupun nasional. Hal itu karena pengembangan dan pemasaran produk lokal itu belum maksimal. “Untuk memasarkan produk unggulan tersebut supaya masyarakat bisa mendapatkan dengan mudah.

Kami menjalin kerjasama dengan perusahaan retail dan toko moderen di Kabupaten Tangerang, diantaranya dengan PT Indomarco Prismatama atau Indomaret, dan beberapa perusahaan retail lainnya,” kata pria yang akrab dipanggil Haji Ombi ini kepada wartawan usai membuka pelatihan kewirausahaan di Gedung Serba Guna (GSG), Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Kecamatan Tigaraksa, Rabu (15/1).

Selain bekerjasama dengan sejumlah minimarket, Pemkab Tangerang juga sudah menyediakan gedung bernama ‘Gerai Tangerang Gemilang’ di Desa Talaga, Kecamatan Cikupa. gedung itu untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang memasarkan produknya. “Kami (Pemkab Tangerang_red) akan terus memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang untuk memasarkan produknya, sehingga bisa lebih berdaya saing,” ungkapnya.

Ombi menambahkan, dalam kerjasama ini, pihak perusahaan retail harus menyediakan etalase sebagai tempat untuk produk lokal asli Kabupaten Tangerang. “Nantinya, kami minta kepada perusahaan retail itu untuk menyediakan etalase, tempat ini khusus untuk produk lokal dari UMKM dari Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sementara itu, Mikro Economic Project Executive dari Indomaret, Purwanto Wahyudi mengatakan, pihaknya siap membantu memasarkan produk lokal dari Kabupaten Tangerang. Namun demikian, untuk masuk ke toko retail tentunya ada persyaratan khusus, diantaranya memiliki izin produk industri rumah tangga (PIRT), ada label halal, dan produknya memiliki masa berlaku atau kedaluwarsa. “Itu syarat-syarat standar produk yang bisa masuk ke minimarket milik Indomaret. Jika syarat itu ada, kami siap memasarkan,” katanya.

Purwanto menambahkan, selain siap ikut memasarkan produk lokal asal Kabupaten Tangerang, pihaknya juga siap melatih dan membina pelaku UMKM Kabupaten Tangerang agar memiliki kemampuan manajemen, keuangan, pengemasan, dan sebagainya.

“Sebagai komitmen, hari ini (kemarin_red) kami melatih sebanyak 150 pelaku UMKM kabupaten Tangerang. Diharapkan, setelah selesai pelatihan ini, pelaku UMKM Kabupaten Tangerang bisa berdaya saing,” pungksanya. (imron).

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook