Pangdam Pertimbangkan Bentuk Satgas Lingkungan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 17 Januari 2020 - 14:32:49 WIB   |  dibaca: 106 kali
Pangdam Pertimbangkan Bentuk Satgas Lingkungan

KUNJUNGAN KERJA : Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (ketiga dari kiri) bersama Gubernur Banten Wahidin Halim (kedua dari kiri) dan Ketua DPRD Banten Andra Soni (kiri) saat menggelar kunjungan kerja di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (16/1).

SERANG, BANTEN RAYA - Panglima Komando Daerah Militer Pangdam II Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memertimbangkan untuk membentuk sebuah satuan tugas (satgas) lingkungan. Hal tersebut merupakan rangkaian dari sinergitas TNI dengan pemerintah daerah dalam penanganan dan meminimalisasi terjadinya bencana di Banten.

Seperti diketahui, Kodam III Siliwangi terlibat dalam Satgas Citarum Harum dengan wilayah kerja di Provinsi Jawa Barat. Satgas tersebut juga melibatkan Pemprov Jawa Barat, Polda Jawa Barat dan pegiat lingkungan. Mereka secara bersama-sama melakukan penanganan dan pengawasan agar Sungai Citarum sepanjang 260 kilometer itu tak tercemar.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banten. Salah satunya adalah pada penanganan bencana."Banten ini kan rawan bencana, jadi beberapa tahun terakhir ini banyak sekali bencana terjadi di Banten ini.

Tentu kita akan tingkatkan sinergitas itu, pasti lah," ujarnya kepada awak media usai acara silaturahmi dan tatap muka dengan Gubernur Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (16/1).

Ia menjelaskan, sinergitas perhatiannya karena Forkopimda di Banten sudah sangat solid dan kuat. Dengan kehadirannya, nilai-nilai plus itu diharapkan bisa  semakin meningkat. Bahkan dia tak membantah saat disinggung apakah pihaknya berencana membuat tim yang mirip dengan Satgas Citarum Harum. 

"Nanti kita akan bicarakan dengan Pak Gubernur (Banten, Wahidin Halim). Dari TNI Polri, pemda (pemerintah daerah), dari instansi lain itu sangat kompak. Sehinga kalau kita bersama-sama tentu akan lebih mudah dalam mengatasi masalah," katanya.

Selanjutnya, kata dia, dalam waktu dekat ini dirinya akan turun langsung ke proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Banten. Hal itu hanya sebagai penguatan, karena selama ini kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sangat baik oleh Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf Widiyatno."Sebenarnya untuk proyek strategis nasional, danrem sudah memantau semua. Saya juga akan cari waktu," ungkapnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan Kodam III Siliwangi. Dirinya juga mengaku jika Forkopimda di Banten sudah sangat kompak. Itu terbukti pada penanganan banjir dan longsor yang menerjang Banten awal tahun ini, dimana seluruh pihak saling bahu membahu."Forkopimda Banten solid. Lihat saat bencana, semua kompak, turun ke darat," tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook