Kejari Awasi Perusahaan Tak Daftar BP Jamsostek

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Kamis, 23 Januari 2020 - 11:52:12 WIB   |  dibaca: 101 kali
Kejari Awasi Perusahaan Tak Daftar BP Jamsostek

EDUKASI: (kiri-kanan) Kepala BP Jamsostek Cabang Perintis Pandeglang Arif Lukman, Kepala Kejari Pandeglang Nina Kartini, Kepala BP Jamsostek Cabang Serang Didin Haryono, dan Kasi Datun Triyana Setya Putra saat memberikan sosialisasi kepada pemilik dan perwakilan pimpinan perusahaan di Kabupaten Pandeglang, Rabu (22/1).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek berkerjasama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang mendorong  pemerintah daerah dan pemilik perusahaan untuk mendaftarkan seluruh pegawai honorer dan karyawannya pada program jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain itu, perusaahn juga diminta wajib tertib membayar iuran untuk kelangsungan program jaminan sosial bagi kesejahteraan pekerja.

Demikian terungkap pada acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Serang dengan Kejaksaan Negeri pandeglang tentang program, manfaat dan tertib iuran BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Kajari Pandeglang, Rabu (22/1).

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Kejari Pandeglang Nina Kartini, Kepala BP Jamsostek Cabang Serang Didin Haryono, Kasi Datun Triyana Setya Putra, dan Kepala BP Jamsostek Cabang Perintis Pandeglang Arif Lukman.

“Mohon disampaikan kepada masyarakat dan pemilik perusahaan, bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini adalah program pemerintah, sehingga harus (wajib) dilaksan (dipatuhi). Kenapa karena mau memberikan perlindungan jamainan sosial mulai dari bawah, bukan dari level atas saja.

Terlebih pemilik Persekutuan Komanditer (CV) dan Perseroan Terbatas (PT) yang ada tenaga kerjanya. Jajaran direksinya wajib mendaftarkan (tenaga kerjanya) kepada BPJS Ketenagakerjaan. Supaya Pemerintah dapat memberikan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat pekerja,” kata Kepala Kejari Pandeglang Nina Kartini.

Nina menjelaskan, selain merupakan program wajib dari negara, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan juga memiliki manfaat yang sangat besar, daripada iuran yang dibayarkan setiap bulan oleh perusahaan atau tenaga kerja sebagai peserta.“Kenapa wajib jadi peserta BPJS Ketanagkerjaan? Karena manfaatnya sangat besar dan membantu untuk kesejahteraan kepada masyarakat,” ungkap Nina.

Untuk itu Nian berharap, seluruh perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawannya pada program BPJS Ketanagakerjaan, agar taat membayar iuran secara rutin. Pasalnya, apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja seluruh biayanya ditanggung oleh BP Jamsostek sampai sembuh total.“Sebagaimana diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011

tentang jaminan sosial, dan diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 tahun 2015 tentang program jaminan kecelakaan kerja (JKK), PP Nomor 45 tahun 2015 tentang program jaminan pensiun (JP) dan PP Nomor 46 Tahun 2016 tentang jaminan hari tua (JHT), maka berpedoman pada aturan tersebut kami menjalankan tugas yang tahap awal adalah memanggil para penunggak dengan memberikan masukan-masukan agar mereka menunaikan kewajibannya membayar iuran tiap bulannya,” kata Nina.

Sementara itu, Kepala BP Jamsostek kantor Cabang Serang Didin Haryono mengungkapkan, program BJ Jamsostek tidak hanya melindungi pekerja perusahaan dan pekerja non formal, tapi juga mencakup pegawai honorer atau Non ASN.

“Wilayah kerja kami adalah melindungi pekerja-pekerja informal, pegawai BUMN, BUMD, perusahaan swasta, termasuk pegawai honorer non ASN yang ada di Pemerintah Daerah. Tapi kalau pegawai Aparatur Sipil Negara itu ranahnya PT Taspen,” katanya.

Didin menambahkan, salah satu strategi untuk melindungi para pekerja tersebut dengan gencar melakukan sosialisasi dengan berkolaborasi dengan Kejari Pandeglang.“Makanya dengan Kejari Pandeglang saat ini kami mulai mengadakan road show ke beberapa perusahaan melalui sosialisasi yang tahap awal ini baru mengundang sekitar 76 perusahaan golongan menengah kebawah, dan sasaran berikutnya bisa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tenaga honorer,” tutup Didin. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook