Kota Serang Dukung Pelestarian Kesenian Silat

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 23 Januari 2020 - 12:50:27 WIB   |  dibaca: 70 kali
Kota Serang Dukung Pelestarian Kesenian Silat

PELANTIKAN: Suasana pelantikan pengurus Persilatan Macan Paku Banten DPC Kota Serang periode 2020-2025, Rabu (22/1).

SERANG, BANTEN RAYA- Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mendukung pelestarian kesenian silat di Kota Serang. Karena itu, pemkot mengakui seluruh persilatan yang ada di Kota Serang.

Subadri mengatakan bahwa silat adalah kekayaan budaya yang dimiliki Kota Serang. Kesenian ini dipelajari dan diturunkan secara turun-menurun dari generasi ke generasi. Karena itu, keberadaannya sangat penting di Kota Serang. Peguron pencak silat karena itu diharapkan dapat menjadi tempat pembinaan para pendekar muda.

“Diharapkan perguruan pencak silat Persilatan Macan Paku Banten juga dapat mencetak para calon atlet pencak silat unggul,” kata Subadri usai menghadiri Pelantikan Pengurus Persilatan Macan Paku Banten DPC Kota Serang periode 2020-2025 di Gedung Gelanggang Remaja, Kompleks Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Rabu (22/1). Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPW Persilatan Macan Paku Banten Provinsi Banten Kapten (CTP) Sugiana.

Subadri mengatakan bahwa pemkot juga saat ini tengah mengkaji mengenai pemberian honor untuk guru pencak silat. Sebagaimana telah adanya honor untuk guru ngaji, pemandi jenazah, dan marbot masjid di Kota Serang, ia juga ingin agar guru silat bisa mendapatkan honor. Menurutnya honor itu memang kecil, namun itulah sebatas kemampuan yang dimiliki Pemkot Serang.“Ya nanti kita lihat keuangan APBD-nya,” katanya.Subadri berharap para pendekar juga dapat bersatu memberikan kontribusi dalam pembangunan Kota Serang agar lebih maju.

Ketua DPC Persilatan Macan Paku Banten Kota Serang periode 2020-2025 Rulli Nurul Jaman mengatakan bahwa secara kepengurusan Persilatan Macan Paku Banten sempat vakum meski latihan jalan terus. Maka saat ini akan dijadikan sebagai momentum untuk menghidupkan kembali persilatan ini. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” kata Jaman. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook