Tahun Depan, Bakal Fokus Pemberdayaan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 24 Januari 2020 - 12:51:08 WIB   |  dibaca: 159 kali
Tahun Depan, Bakal Fokus Pemberdayaan

BERI ARAHAN ; Camat Jombang, AH Junaedi memberikan arahan dalam Musrenbang Kelurahan Gedong Dalem, Kamis (23/1).

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemerintah Kelurahan Gedongdalem, Kecamatan Jombang melaksanakan Muyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan 2021 di Aula Kelurahan, Kamis (23/1). Dalam Musrenbang itu, warga serta Kelurahan Degongdalem mendorong berbagai progam pemberdayaan masyarakat.

Lurah Gedongdalem, Alim Rahmadi menjelaskan, didorongnya program pemberdayaan masyarakat, baik bidang ekonomi, sosial, kesehatan dan keamanan dalam rangka menyambut dibangunnya Jalan Lingkar Utara (JLU). Dengan pemberdayaan itu, masyarakat nantinya siap bersaing karena secara kemampuan dan kompetensi telah siap.

“JLU ini nanti membuka berbagai peluang, termasuk rencana pemerintah akan mendorong jadi kawasan industri padat karya. Warga kami siapkan secara skill, termasuk juga kemnadirian ekonomi,” katanya kepada Banten Raya usai Musrenbang Kelurahan, kemarin.

Alim menyatakan, dorongan pemberdayaan juga karena setiap tahun infrstruktur terus dibangun, sehingga sudah mulai berkurang kebutuhan pembangunan. Hal itu tentu menjadikan pemberdayaan harus dilakukan secara berkelanjutan.“Semakin sedikit pasti yang dibangun lewat DPWKel, sehingga dialihkan ke pemberdayaan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Jombang, AH Junaedi. Kata dia, setiap tahunnya kebutuhan infrastruktur semakin sedikit. Untuk itu, warga harus mampu menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan untuk pemenuhan kemampuan dan kompetensi warga. “Didorong pemberdayaan, karena pasti infrastruktur semakin sedikit. Apalagi ada peluang, sehingga harus ditangkap dan warga harus siap bersaing dengan kemampuannya,” ungkapnya.

Junaedi menjelaskan, pihaknya meminta kepada Fasilitator Kelurahan (Faskel) untuk melakukan pengawalan terhadap program yang sudah disampaikan warga, sehingga nantinya bisa masuk dalam Musrenbang sampai tingkat selanjutnya. “Penekanan kepada Faskel dilakukan, sehingga programnya bisa dikawal secara terus menerus,” paparnya.

Untuk diketahui, berdasarakan pagu Anggaran Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel) 2021, Kelurahan se-Kecamatan Jombang mencapai Rp10.369.010.000 lebih. Dari berbagai alokasi, anggaran lebih dominan untuk pemerdayaan yang mencapai Rp4.466.800.000. Lainnya untuk infrastruktur sarana dan prasarana wilayah (Sarpraswil) Rp2.650.070.000, dan generik Rp3.252.140.000. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook