76 RTLH Bakal Direhab

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 24 Januari 2020 - 12:52:26 WIB   |  dibaca: 182 kali
76 RTLH Bakal Direhab

DATA RTLH : Kasi Penanganan Fakir Miskin Reni Sumawati memperlihatkan data penerima RTLH 2020, Kamis (23/1).

CILEGON, BANTEN RAYA – Sebanyak 76 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Cilegon bakal direhab tahun ini. Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah RTLH yang direhab mengalami kenaikan 18 rumah, atau tahun lalu sebanyak 58 RTLH yang direhab lewat dana hibah.

Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon, Reni Sumawati menyampaikan, sebanyak 76 rumah sudah terverifikasi dari 80 rumah yang diajukan melalui Elektronik Bantuan Sosial (E-Bansos).

Dibanding tahun lalu jumlah tersebut mengalami kenaiakan, namun secara jumlah bantuan masih sama yaitu masing-masing Rp15 juta per rumah.“Ada 80 yang mengajukan, setelah diverifikasi, hanya 76 rumah yang akan mendapatkan dana rehab dari hibah 2020,” katanya kepada Banten Raya, Kamis (23/1).

Reni menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) Walikota Cilegon untuk memastikan pencairan dana yang masuk ke rekening warga masing-masing secara langsung, sehingga nantinya bisa dilakukan pembangunan.“Untuk pembangunan nanti menunggu SK walikota untuk pencairannya, dan pembangunan akan dimonitor langsung dinas,” imbuhnya.

Jumlah rumah yang akan direhab tersebar di beberapa kecamatan, di antaranya di Kecamatan Citangkil sebanyak 29 rumah, Kecamatan Purwakarta sebanyak 2 rumah, Kecamatan Cibeber sebanyak 16 rumah, Kecamatan Cilegon sebanyak 9 rumah, Kecamatan Pulomerak sebanyak 17 rumah, dan Kecamatan Ciwandan sebanyak 3 rumah.

Dikatakan, ada empat RTH di Pulomerak, yang berada di Kecamatan Cilegon dan Cibeber yang telah dibantu Baznas dan CCSR."Paling banyak di Kecamatan Citangkil. Untuk yang tidak masuk verifikasi karena ada pihak lain yang sudah membantu dan ada juga yang bukan lahan sendiri,” paparnya.

Sementara itu, Kasubid Data dan Informasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon, Hendra menyatakan, selain dana hibah, program rehab RTLH juga masih akan dilakukan melalui Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan  (DPWKel) oleh Kelompok Masyarakat. Namun, untuk jumlahnya belum diketahui. Sebab, saat ini Pokmas masih pada tahap pemilihan pengurus.“Jumlahnya belum tahu, tapi ada (rehab RTLH), sekarang masih pemilihan,” ungkapnya.

Untuk data, ujar Hendra, Pokmas tetap akan mengambil dari Dinsos Kota Cilegon, itu agar pemberian anggaran tidak tumpang tindih.“Datanya itu nanti dari di dinsos. Namun tetap beda karena hibah itu langsung dinsos dan DPWKel dari Pokmas,” pungkasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook