Truk Sampah Asal Tangsel Diamankan

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 28 Januari 2020 - 13:45:04 WIB   |  dibaca: 40 kali
Truk Sampah Asal Tangsel Diamankan

DIAMANKAN : Petugas DLH Kota Tangerang mengamankan satu unit truk pengangkut sampah ilegal ke TPA Rawa Kucing, Neglasari, kemarin.

KOTA TANGERANG, BANTEN RAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mengamankan satu unit truk pengangkut sampah yang secara ilegal membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Neglasari.Truk tersebut memuat banyak sampah plastik.

Kepala DLH Kota Tangerang, Dedi Suhada mengatakan, truk tersebut berasal dari Tangerang Selatan (Tangsel). Dari hasil penyelidikan awal, truk tersebut merupakan milik perusahaaan swasta di Tangsel yang kerap membuang sampah ke TPA Rawa Kucing. "Untuk kali ini berhasil kita amankan. Tapi banyak juga yang putar arah saat kita lakukan upaya penertiban," ujarnya, kemarin.

Ia menyataka, truk yang diamankan bukan milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan. "Yang membuang sampah ke Kota Tangerang bukan dari Pemkot Tangsel tapi dari pihak perusahaan swasta. Terlepas darimana mereka berasal, penertiban ini bukan hanya sampah dari Tangsel saja tapi semua armada yang mengangkut sampah dari luar Kota Tangerang kita akan tertibkan," jelasnya.

Dedi mengatakan, penertiban ini untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pelanggaran Sampah dari Luar Kota Tangerang.Selain itu, penertiban ini juga sebagai upaya untuk mengurangi beban TPA Rawa Kucing, yang sudah tidak lagi mampu menampung sampah dari luar Kota Tangerang."TPA Rawa Kucing ini sudah lebih dari 30 tahun beroperasi. Tentu, tanpa penataan, lambat laun akan terus menumpuk dan akan menjadi masalah lingkungan yang serius," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah berkoordinasi dengan instansi terkait perihal sanksi kepada truk tersebut. “Penindakan ini akan kita serahkan kepada pihak yang berwenang. Kita sudah koordinasi dengan Satpol PP dan instansi terkait. Sementara ini truk kita amankan dulu,” katanya.

Setelah kasus ini, Dedi menyatakan akan meningkatkan pengawasan lebih ketat lagi di TPA Rawa Kucing. Dari catatan selama ini disinyalir ada 20 kendaraan pengangkut sampah dari luar Kota Tangerang, yang membuang sampah ke Kota Tangerang. Dengan berbagai modus, truk-truk pengangkut sampah tersebut berhasil membuang sampah ke Kota Tangerang.

"Kalau hasil pantauan di TPA ini sudah cukup lama, kita sudah memberikan teguran, melalui kepala UPT. Mudah-mudahan tak ada orang dalam yang bermain soal ini. Tapi pasti akan kita selidiki,” tandasnya. (mg-ipul)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook