Manfaatkan Musrenbang untuk Kesejahteraan Masyarakat

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 29 Januari 2020 - 13:59:39 WIB   |  dibaca: 33 kali
Manfaatkan Musrenbang untuk Kesejahteraan Masyarakat

TELEKONFRENS: Bupati Iti Octavia Jayabaya menyampaikan sambutan melalui telekonfrens di ruang data center pada musrenbang RPJMD 2021, Selasa (28/1).

LEBAK, BANTEN RAYA- Musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan yang mulai digelar, Selasa (28/1). Musrenbang dibuka secara langsung oleh Bupati Iti Octavia Jayabaya melalui sambungan telekonfrens di ruang data center Pemkab Lebak. Dalam paparannya Iti mengungkapkan bahwa musrenbang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh aparat desa untuk menyejahterakan masyarakatnya.

“Kami harap, seluruh kepala desa dan masyarakat yang hadir dalam acara musrenbang di masing-masing kecamatan, harus bisa mengusulkan hal-hal atau program yang tentunya bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya Bupati Iti.

Oleh karena itu, Iti berharap agar hasil musrenbang tersebut tidak mubazir, maka diharapkan usulan masing-masing desa sesuai indikator yang sangat dibutuhkan masyarakat. Menurutnya, sesuai apa yang sering disampaikan Presiden Jokowi, bahwa pemerintah harus mampu membangun sumber daya manusia (SDM) yang pekerja keras, dinamis, terampil dalam menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

"Selain itu, harus mampu membangun infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, serta memprmudah akses menuju kawasan wisata yang mendongkrak lapangan kerja baru, sehingga mampu mengakselerasi nilai tambah perekonomian masyarakat," katanya.

Menurutnya, secara substansial misi pembangunan Kabupaten Lebak sebagaiman tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Lebak 2019-2024, sudah selaras dengan arah pembangunan pemerintah pusat.

Di antaranya seperti meningkatkan produktifitas sumber daya manusia, meningkatkan produktifitas perekonomian daerah, melalui pengembangan pariwisata, meningkatkan ketersediaan infrastruktur wilayah, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Melalui musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan bisa menghasilkan semua point misi pembangunan Lebak yang selaras dengan arah pembangunan pemerintah pusat,” harapnya.
Sekda Lebak Dede Jaelani mengatakan, melalui musrenbang tingkat kecamatan tersebut diharapkan aparat desa berperan aktif untuk memberikan usulan yang mampu meningkatkan pembangunan umum untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu, apa yang diharapkan Bupati Iti pada musrenbang RPJMD 2021 harus betul-betul dijadikan momen penting oleh masing-masing desa untuk mensejahterakan masyarakatnya.

“Kami harap usulan dari masing-masing desa melalui musrenbang RPJMD 2021 tingkat kecamatan ini, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para kepala desa untuk meningkatkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” harap Dede. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook