Komisi III Minta PDAB Menjadi PDAM Kota Serang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 29 Januari 2020 - 14:11:21 WIB   |  dibaca: 155 kali
Komisi III Minta PDAB Menjadi PDAM Kota Serang

RAPAT KERJA: Suasana rapat kerja Komisi III bersama eksekutif di ruang aspirasi DPRD Kota Serang, Selasa (28/1).

SERANG, BANTEN RAYA- Rapat kerja Komisi III bersama eksekutif di ruang aspirasi DPRD Kota Serang menyepakati tahun 2020 ini, Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Tirta Madani berubah statusnya menjadi PDAM atau PERUMDAM. Rapat diikuti Asda II, Kabag Hukum, Kabag Ekbang, Kabag Kerjasama Investasi Daerah, dan Direktur PDAB Tirta Madani.

“Kami sepakat pada tahun 2020 ini PDAB harus berubah statusnya menjadi PDAM atau sekarang dinamakan PERUMDAM,” kata Ketua Komisi III Tb Ridwan Akhmad melalui rilis yang dikirimkannya kepada Banten Raya, Selasa (28/1).

Ridwan mengatakan, dengan telah disepakatinya perubahan status PDAB itu, Komisi III meminta Walikota Serang Syafrudin untuk segera berkomunikasi dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar aset kantor PDAM Kabupaten Serang dengan jaringan pipanisasi yang melayani warga Kota Serang untuk diserahkan kepada PDAM Kota Serang sesuai amanat undang-undang nomor 32 tahun 2007 tentang pembentukan Kota Serang.

“Kami juga meminta Asda II dan Kepala Bagian Hukum untuk segera menyiapkan dan mengirimkan rancangan perubahan perda nomor 3 tahun 2009 tentang pembentukan PDAB menjadi PDAM/PERUMDAM kepada Bapemperda DPRD untuk selanjutnya dibahas dan dibentuk pansus di luar Propemperda (program pembentukan perda),” ujar Ridwan.

Politisi PKS ini mengatakan bahwa Kota Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten dengan jumlah penduduk mencapai 700.000 jiwa lebih yang terus bertumbuh dan berkembang pesat saat ini sebagian besar mengandalkan sumur bor sebagai sumber air bersih dan air minum.

Keadaan ini beresiko sangat besar terhadap kesehatan warga dan menimbulkan krisis air bersih dan air minum di masa mendatang. Di satu sisi sebagai Ibukota Provinsi Banten, Kota Serang adalah satu-satunya kota di Indonesia yang belum memiliki PDAM sebagai BUMD yang menjalankan tugasnya dalam penyediaan sistem pelayanan air minum (SPAM) menurut Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR saat Komisi III DPRD Kota Serang melakukan rapat konsultasi beberapa waktu lalu. Anggota Komisi III DPRD Kota Serang Jumhadi, berharap dengan diubahnya PDAB menjadi PDAM semoga bisa menghasilkan pendapatn asli daerah. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook