Bupati Resmikan Jembatan Gantung Harfa

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 05 Februari 2020 - 15:30:49 WIB   |  dibaca: 118 kali
Bupati Resmikan Jembatan Gantung Harfa

SIAP DIPAKAI: Tim BPBD Lebak mengecek kondisi jembatan yang selesai dibangun oleh LAZ Harfa di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, kemarin.

LEBAK, BANTEN RAYA- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dijadwalkan akan meresmikan jembatan gantung harapan untuk penyintas banjir Lebak, di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Rabu (5/2) ini.

Jembatan gantung tersebut merupakan akses jembatan penyebrangan pengganti jembatan putus karena banjir bandang Sungai Ciberang yang dibangun oleh Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI)."Jembatan ini sebagai akses penghubung antar kampung di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong," kata pengurus VRI Korwil Banten Lukman Nulhakim kepada Banten Raya, Selasa (4/1).

Pembangunan jembatan gantung dilakukan karena jembatan utama penghubung antar kampung dan kecamatan terputus diterjang banjir bandang. Pasca bencana itu hanya tersedia jembatan darurat dari kayu yang dibuat oleh masyarakat."Namun hanya bisa dilalui pejalan kaki dan dengan kondisi tidak layak dan tidak aman. Sewaktu-waktu bisa ambrol terbawa arus sungai dan hal itu benar terjadi pada banjir susulan kemarin, jembatan darurat dibangun warga hanyut," katanya.

Sedangkan jembatan gantung dibangun oleh VRI dan LAZ Harfa aman dari terjangan banjir susulan. Hal itu terjadi karena jembatan yang dibangun lokasinya tidak jauh dari lokasi jembatan putus dibangun lebih tinggi dari jembatan sebelumnya."Panjang jembatan yang dibangun kurang lebih 100 meter, alhamdulilah sudah selesai dan sudah diuji cobakan. Jembatan bisa dilalui bukan hanya orang tapi juga sepeda motor dengan jumlah maksimal tiga orang dan satu unit sepeda motor," katanya.

Lukman mengaku pihaknya tidak mengalami kesulitan karena sudah terbiasa memanjat tebing tinggi. Hanya saja sewaktu pembangunan curah hujan begitu tinggi. "Tapi alhahmdulilah berjalan lancar tidak ada kendala berarti. Semoga jembatan yang dibangun dapat bermanfaat sebagai sarana penyeberangan warga, sehingga aktivitas kembali normal, terutama anak-anak sekolah yang setiap hari melewati," katanya.

Perwakilan dari LAZ Harfa Banten Anis menuturkan pihaknya akan turut meresmikan jembatan harapan untuk penyintas banjir Lebak yang rencananya turut dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. "Rencananya hadir juga Dandim 0603 Lebak, Danyonif 320 Badak Putih, Direktur Utama LAZ Harfa Direktur Eksekutif BMM dan Kepala BPBD Lebak," katanya.

Kabag Humas Pemkab Lebak Eka Prasetiawan membenarkan bahwa Bupati Lebak akan menghadiri peresmian jembatan gantung di Kampung Muhara. "Iya benar, kalau tidak ada perubahan agenda, besok (hari ini)," katanya. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook