Seminar Nasional, Uniba Ciptakan SDM Unggul

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 14 Februari 2020 - 12:20:21 WIB   |  dibaca: 229 kali
Seminar Nasional, Uniba Ciptakan SDM Unggul

SEMINAR NASIONAL: Furtasan Ali Yusuf, Rektor Universitas Bina Bangsa (Uniba) menyampaikan sambutan dalam acara seminar nasional, di Auditorium Kampus Uniba, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) dan lulusan yang unggul, Universitas Bina Bangsa (Uniba) menggelar Seminar Nasional dengan Tema SDM Unggul, Rancangan  dan Implementasi, di Auditorium Kampus Uniba.

Kepada Banten Raya, Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf menyampaikan kegiatan ini menjadi agenda rutin Uniba dengan mengundang pembicara di tingkat nasional. Temanya pun sangat update, yaitu SDM Unggul dan Implementasi.

Ia mengaku, seminar ini bisa menjadi kajian yang hasilnya nanti bisa disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan yang sesuai dengan salah satu program pemerintah yaitu menciptakan SDM yang unggul."SDM unggul itu seperti apa ? Nah dalam Seminar Nasional ini akan dibahas mengenai rancangan SDM unggul, atau rancangan untuk menyiapkan SDM unggul yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan industri," kata Rektor Uniba, kemarin.

Rektor Uniba menjelaskan, Seminar Nasional ini juga akan membahas terkait dengan jumlah kebutuhan SDM unggul yang siap diterima oleh dunia kerja dan industri. Furtasan juga mengakui memang dalam membuat rancangan seperti itu tidak mudah, oleh karena itu dibutuhkan rancangan.

Implementasinya pun harus diukur dan terukur, lanjutnya, terkait dengan kebutuhan tenaga kerja dan industri di Banten. Contohnya adalah terkait dengan sertifikasi profesi yang harus dimiliki oleh semua profesi, baik di dunia pariwisata maupun teknologi. "Jika tidak memiliki sertifikasi, maka kemampuan lulusan tidak bisa teruji," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Uniba juga berharap, dengan menghadirkan sejumlah pembicara tingkat nasional, Bapeda dan juga dunia usaha para peserta mampu memahami kebutuhan dunia kerja dan industri yang ada di Banten.

"Saya berharap peserta tidak hanya mendapatkan materi tentang persiangan dalam dunia kerja yang harus disiapkan, namun juga bagaimana peserta ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha," tegasnya.

Di lokasi yang sama, Joni Prihatin, Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan SDM yang mampu bersaing dalam revolusi industri. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu diimplementasikan oleh para peserta.

"Pembicara dari nasional adalah Asisten Deputi ketenagakerjaan, Menteri Perekonomian, Wakil Kepala BNSP, Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia dan Bapeda Banten. Seminar Nasional ini menggabungkan pemerintah, dunia usaha sampai lembaga perancang pembangunan," katanya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook