Perpustakaan Untirta Gunakan SLiMS

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 14 Februari 2020 - 12:21:57 WIB   |  dibaca: 490 kali
Perpustakaan Untirta Gunakan SLiMS

CINDERAMATA: Wakil Rektor VI Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa H. Aceng Hasani (dua dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Iskandar, pemateri dari tim SEGI SLiMS di ruang Serba Guna LPPM Untirta, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-UPT. Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Workshop Sesi Berbagi (SEGI) Senayan Library Management Sistem (SLiMS), di Ruang Serba Guna LPPM Untirta.

Iskandar, Tim SEGI SLiMS dalam paparannya menyampaikan bahwa kehadiran SEGI Slims di Untirta untuk berbagi wawasan terhadap ilmu perpustakaan yang biasa digunakan perpustakaan di sekolah-sekolah (SD,SMP,SMA/SMK) hingga Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta."Agar bisa membantu meningkatkan pelayanan, pengolahan maupun pelaporan di perpustakaan itu sendiri. Sehingga dalam kegiatan akreditasi pun bisa banyak membantu," kata Iskandar, kemarin.

Di lokasi yang sama, Kepala Perpustakaan Untirta, Udin Hermawan Sutantomenyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan UPT Perpustakaan Untirta merasa terhormat menjadi tuan rumah penyelenggaraan ini, ditengah keterbatasan yang ada namun mampu mewujudkan kegiatan ini berkat kerjasama yang baik dengan Pemerintah Provinsi Banten.

"UPT Perpustakaan  dan Pemerintah Provinsi Banten ingin membangun kerjasama yang lebih baik.  Sejak tahun 2016 kami sudah memantau Aplikasi SLiMS, diawal kami bekerjasama dengan SLiMS Pusat," katanya.

Ia mengaku, untuk mensinergikan program perpustakaan, khususnya di lingkungan Untirta umumnya  di Perguruan Tinggi bisa memakai Aplikasi SLiMS. Harapan kedepannya nanti semua perguruan tinggi lainnya, tidak menggunakan aplikasi lain selain Aplikasi SLiMS."Target kami 99 kurang dari 50 orang yang diundang sudah menerima materi, karena kalau terlalu banyak tidak efektif dalam pembelajaran teori dan teknis menguasai Aplikasi SLiMS," ujarnya.  

Udin menjelaskan, produk SLiMS adalah produk lokal dan karya anak bangsa dan pastinya produk dalam negeri, yang tidak kalah bagus dengan produk luar negeri dan pihaknya harus bisa mensosialisasikan prodak tersebut karena suatu kebanggan.

"Peserta yang hadir sebanyak 44 orang sangat berantusias.  Peserta berasal Tangerang, Cilegon, Pandeglang dan Serang . Di  Provinsi Banten kegiatan seperti ini baru diselenggarakan pertama kalinya di Untirta, bekerjasama dengan UPT. Perpustakaan Untirta," ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, untuk  meningkatkan kinerja sumber daya manusia perpustakaan dengan SLiMS dengan tema Sesi Berbagi (SEGI) Senayan Library Management Sistem (SLiMS)."Kami menghadirkan Manager Help Desk Indonesia One Searc, Developer Setiadi dan dihadiri pula oleh Kepala UPT.

Perpustakaan Udin Hermawan Sutanto, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset H. Agus Sjafari dan Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri H. Aceng Hasani. Turut hadir bersama Tim SEGI SLiMS dari Kepala Pusat UPN Veteran Jakarta Dwi Fajar Saputra selaku narasumber, diikuti oleh assessor LSP Pustakawan," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta H. Aceng Hasani mengakui bahwa program SLiMS sangat luar biasa.  "kita awali hari ini masuk ke dalam jendela melalui aplikasi yang namanya Senayan Library Management Sistem, karena selama ini kebutuhan pustakawan hampir di seluruh unit tidak maximal," katanya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook