Kadin akan Sinergikan Tiga Pilar

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 14 Februari 2020 - 13:17:55 WIB   |  dibaca: 110 kali
Kadin akan Sinergikan Tiga Pilar

PUNYA TANTANGAN BESAR : Ketua Umum Kadin Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya menyerahkan pataka kepada Ketua Kadin Kabupaten Serang Agus Firman Sundari, Kamis (13/2).

SERANG, BANTEN RAYA – Tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten termasuk Kabupaten Serang menjadi tantangan terberat bagi pengurus Kantor Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Serang masa bakti 2019-2024 yang baru dilantik. Tidak hanya itu, pengurus Kadin juga dituntut agar bisa menjaga iklim investasi di Kabupaten Serang tetap kondusif di tengah-tengah tingginya upah minimum kabupaten (UMK).

Ketua Umum Kadin Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya mengatakan, Kabupaten Serang sebagai daerah penyangga ibukota Provinsi Banten memiliki potensi industri yang sangat luar biasa. “Industri di Banten ini terutama di Kabupaten Serang banyak sekali tapi pengangguran masih tinggi. Ini jadi tantangan bagi pengurus Kadin yang baru untuk ikut serta menguranginya,” kata pria yang akrab disapa JB itu di hotel Horison Ultima Ratu, Kamis (13/2).

Ia berharap, Kadin Kabupaten Serang masa bakti 2019-2024 yang dinakhodai Agus Firman Sundari bisa lebih maju lagi dan mampu mendorong perekonomian di Kabupaten Serang. “Di Kabupaten Serang ini ada beberapa pabrik yang berencana pindah ke Jawa Timur karena UMK yang tinggi. Tentu ini juga menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi pengurus Kadin bagaimana caranya pabrik tetap melakukan usahanya di Kabupaten Serang ini,” ujarnya.

Mantan Bupati Lebak itu mengimbau agar pengurus Kadin Kabupaten Serang tidak hanya memikirkan  proyek yang dibiayai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) saja namun juga harus menggali usaha di luar APBD. “Semoga dengan semangat yang baru, Kadin Kabupaten Serang bisa menjadi lokomotif penggerak perekonomian. Kemudian Kadin juga harus mendorong masyarakat menjadi pengusaha,” tuturnya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung Kadin Kabupaten Serang dalam melakukan kegiatan-kegiatan usaha baik di Kabupaten Serang maupun di luar Kabupaten Serang. “Untuk mendukung kegiatan pelaku usaha kami mulai menghapus aturan dan perijinan yang dapat menghambat dunia usaha. Kami sudah merencanakan UMKM (usaha mikro kecil menengah) tidak perlu ada ijin cukup melapor saja,” katanya.

Ia mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serang saat ini di atas rata-rata nasional. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Kadin Kabupaten Serang. “Kami berharap pengurus Kadin bisa memajukan perekonomian di Kabupaten Serang baik itu ekonomi mikro maupun ekonomi makro. Kegiatan usaha yang dijalankan Kadin dan pelaku usaha UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Kabupaten Serang,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kabupaten Serang yang baru dilantik Agus Firman Sundari mengatakan, dalam menjalankan organisasi Kadin ke depan, pihaknya akan menitikberatkan pada interkoneksi yang positif dengan berbagai pihak. “Kami akan menitikberatkan kepada Kadin yang interkoneksi positif antar tiga pilar yaitu, industri swasta, BUMN serta pemerintah. Hadirnya interkoneksi tiga pilar tersebut akan menjadikan berkembangannya organisasi,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Ii itu menuturkan, pihaknya juga akan membangun kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. “Kadin bersama serikat pekerja dan dunia pendidikan berkomitmen dalam menciptakan sebanyak-banyaknya tenaga kerja yang profesional dan siap pakai,” katanya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook