Buang Limbah Sembarangan, Dua Truk Diamankan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 14 Februari 2020 - 13:40:04 WIB   |  dibaca: 298 kali
Buang Limbah Sembarangan, Dua Truk Diamankan

Dua truk pengangkut limbah diamankan di Polsek Sub-Sektor Grogol, Kamis (13/2).

CILEGON, BANTEN RAYA - Polres Cilegon mengamankan dua truk Hino warna hijau bernomor B 9311 UYW dan B 9762 BYV yang diduga membuang limbah tanpa izin di kawasan Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), tepatnya di belakang PT Cabot Indonesia, Senin (10/2).

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, sebelum diamankan pihaknya, dua truk tersebut terlebih dahulu diamankan petugas keamanan KIEC. “Kasus tersebut kini masih dalam proses penyelidikan. Truk diamankan di sub-sektor Grogol,” kata Yudhis ditemui di Mapolres Cilegon, Kamis (13/2).

Dikatakan Yudhis, hasil penyelidikan sementara, limbah tersebut bukan tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3). "Ini bukan limbah B3 tapi tetap harus ada izin-izinnya baik itu izin penyimpanan maupun angkut. Nanti kita lihat hasil penyelidikannya seperti apa," ujarnya seraya mengatakan bahwa pihaknya sedang mencari siapa orang yang menyuruh kedua sopir truk untuk membuang limbah di KIEC.

Kepala Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Mahfud mengatakan, pihaknya langsung terjun ke lokasi begitu mendapatkan kabar ada truk yang membuang limbah sembarangan. “Kami dari DLH sudah turun ke lapangan, nanti pekan depan juga akan kembali memanggil dari pihak perusahaan yang membuang limbah itu,” katanya.

Mahfud menambahkan, limbah tersebut belum bisa dipastikan apakah tergolong dalam kategori limbah B3 atau bukan. “Setelah melakukan pemeriksaan dokumen, baru kita akan periksa sampel limbahnya. Apakah tergolong B3 atau bukan, saat ini belum diketahui B3 atau bukan,” tuturnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook