Rugby Datangkan Instruktur dari Jepang

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Senin, 17 Februari 2020 - 11:49:57 WIB   |  dibaca: 68 kali
Rugby Datangkan Instruktur dari Jepang

PENGALAMAN BERLIPAT : Peserta bersama pemateri berfoto bersama usai mengikuti kegiatan jambore olahraga rugby yang dihelat di Stadion Maulana Yusuf, Minggu (16/2).

SERANG, BANTEN RAYA - Dalam rangkaian event nasional Jambore Get Into Rugby (GIR) yang berlangsung di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Minggu (16/2), Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Banten turut mendatangkan instruktur dari Jepang.

Relawan GIR asal Jepang Shuhei Sugiura didampingi Koordinator Nasional GIR Hambali mengaku senang bisa datang ke Banten. Kata dia, dalam rangkain Jambore GIR ini, terlebih dahulu diberikan pembekalan kepada pengurus PRUI dari kabupaten dan kota se-Banten.

"Pembekalan ini sudah tertuang dalam modul yang sudah diberikan kepada peserta, dan modul tersebut bersumber dari pedoman rugby dunia, yang menegaskan bahwa cabang olahraga (cabor) rugby bukan American Footbal," bebernya di sela-sela acara.

Pada modul itu juga dijelaskan ada tiga tahapan pada GIR ini, pertama adalah tahap mencoba, bermain dan berlatih. "Jadi untuk tahap yang dilakukan di Banten ini, fokus pada tahap mencoba terlebih dahulu. Sekaligus memperkenalkan cabor rugby pada masyarakat Banten," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap dalam jangka satu tahun, di setiap pengurus cabang (pengcab) ditarget menghadiri 2.000 peserta GIR, yang setidaknya dari jumlah peserta tersebut akan melahirkan satu tim. "Sehingga, ketika diselenggarakannya kejuaraan daerah pengcab sudah memiliki tim rugby," harap dia.

Diketahui, instruktur asal Jepang tersebut berjumlah 12 orang yang tergabung dari Ryutsu Keizai University (RKU). "PRUI Pusat mengandeng pihak dari RKU untuk menjalankan event nasional Jambore GIR untuk memperkenalkan cabor rugby ke seluruh nusatara. Sebelum ke Banten, pihak RKU juga sudah menggelar event serupa di DKI Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PRUI Banten Ananda T Salichan mengatakan, cabor rugby sangat berkembang di Negeri Sakura. Sehingga tak salah, jika PRUI Banten mendatangkannya untuk perkembangan rugby di Banten. "Kami hanya ingin yang terbaik saja untuk rugby Banten, lantaran rugby ini merupakan cabor baru di sini. Sehingga perlu mendatangkan langsung ahlinya," ujar Ananda. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook