Rumah Korban Tsunami Dibantu Rp 5 Juta

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 18 Februari 2020 - 15:24:08 WIB   |  dibaca: 37 kali
Rumah Korban Tsunami Dibantu Rp 5 Juta

KEMBALI DIHUNI : Rumah warga Kampung Lantera, RT 04 RW 04, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan yang dulunya rusak diterjang bencana tsunami sudah diperbaiki dan dihuni oleh pemiliknya, Senin (17/2).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Masyarakat yang rumahnya rusak ringan maupun sedang akibat dihantam bencana tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu, akhirnya menerima bantuan dana senilai Rp 5 juta dari Provinsi Banten. Bantuan tersebut langsung disalurkan melalui rekening bank milik korban.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang Lilis Sulistiati membenarkan bantuan dana untuk warga yang rumahnya rusak akibat bencana tsunami tahun 2018 lalu sudah disalurkan. Total rumah warga yang mendapat bantuan terdiri dari 209 unit rumah rusak ringan, dan 115 unit rumah rusak sedang.

Hanya saja, Lilis enggan mengetahui lebih detail penyaluran dana tersebut, karena langsung disalurkan oleh Dinas Sosial Pandeglang dan Provinsi Banten. "Kalau Tidak salah sudah disalurkan sama provinsi, per kartu keluarga dapat Rp 5 juta. Tapi itu mah langsung dinsos kabupaten sama provinsi," kata Lilis, Senin (17/2).

Sepengatahuan Lilis, dana itu diberikan untuk meringankan beban warga yang terkena bencana tsunami. "Kalau gak salah dana ini digunakan untuk perbaikan rumah, biar korban yang rumahnya rusak bisa diperbaiki lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Dini Angraeni mengatakan, dana bantuan rumah korban tsunami sudah disalurkan sejak awal tahun 2020. Bantuan disalurkan langsung oleh Provinsi Banten melalui transfer ke rekening bank milik korban.

"Ya, itu mah langsung provinsi. Kita hanya mengirimkan data rumah korban yang rusak ringan maupun rusak sedang ke provinsi dan yang menyalurkan dana itu juga langsung provinsi," singkatnya. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook