Tahanan Polda Terserang Penyakit

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 18 Februari 2020 - 15:57:53 WIB   |  dibaca: 87 kali
Tahanan Polda Terserang Penyakit

DIPERIKSA: Tim kesehatan Biddokes Polda Banten melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para tahanan, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Pelaku tindak kejahatan, baik penyalahgunaan narkoba, hingga pelaku tindak kriminal mulai terserang penyakit, Senin (17/2). Guna menjamin kesehatannya, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Banten langsung melakukan pengobatan terhadap tahanan tersebut.

Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol Nariyana mengatakan, kegiatan layanan kesehatan tahanan merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat yang sedang menjalani masa tahanan di Mapolda Banten."Apabila ada tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya, dapat segera dilakukan tindakan medis terhadap tahanan tersebut," katanya kepada Banten Raya.

Menurut Nariyana, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap tahanan berupa pemeriksaan tensi, nadi, pernapasan serta menanyakan keluhan dan kondisi fisik tahanan. Tindakan yang dilakukan meliputi cek tekanan darah, cek mata, mulut dan tenggorokan, pemeriksaan fisik, konsultasi kesehatan tahanan dan memberikan terapi obat sesuai dengan keluhannya.

"Dari hasil pemeriksaan kesehatan tahanan, sejumlah tahanan mengalami keluhan penyakit seperti ISPA, dermatitis (radang pada kulit), gingivitis (radang gusi), hipertensi (darah tinggi), dan migrain (sakit kepala). Selanjutnya, petugas memberikan pengobatan," ujarnya.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan tahanan ini, telah rutin dilaksanakan oleh personil Biddokkes Polda Banten. Tujuannya mencegah dan menghindari peredaran penyakit di dalam rumah tahanan."Ada puluhan tahanan Rutan Mapolda Banten yang diperiksa kesehatannya oleh Biddokkes. Inilah bentuk pelayanan polisi kepada tahanan yang menjadi tanggung jawab pembinaan dan perawatan kesehatan tahanan," katanya.

Edy juga mengimbau kepada tahanan agar selama ditahan di Mapolda Banten selalu bersikap baik, selalu menjaga kebersihan ruang tahanan, serta tetap menjaga kesehatan. "Saya juga meminta kepada anggota yang jaga tahanan agar setiap saat mengecek kondisi tahanan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," ujarnya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook