Universitas Terbuka Permudah Masyarakat Bisa Kuliah

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 18 Februari 2020 - 16:13:29 WIB   |  dibaca: 95 kali
Universitas Terbuka Permudah Masyarakat Bisa Kuliah

KERJASAMA PENDIDIKAN : Bupati Serang Rt tatu Chasanah menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas terbuka di pendopo Bupati Serang, Senin (17/2).

SERANG, BANTEN RAYA – Universitas Terbuka (UT) membangun kerjasama dengan Pemkab Serang terkait dengan peningkatan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat Kabupaten Serang dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Serang melalui program belajar jarak jauh.

Rektor UT Ojat Darojat berharap, dengan adanya penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UT dengan Pemkab Serang, dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kabupaten Serang serta pegawai di lingkungan Pemkab Serang. “Program kerjasama ini bukan hanya untuk orang-orang yang sudah bekerja saja, tapi juga anak-anak lulusan SLTA,” ujar Ojat di pendopo Bupati Serang, Senin (17/2).

Ia menjelaskan, UT merupakan salah satu pilihan alternatif bagi mereka yang ingin masuk ke perguruan tinggi dengan biaya yang terjangkau serta memiliki kesibukan. “Kalau mereka (masyarakat-red) tidak bisa diterima di perguruan tinggi dengan belajar tatap muka, maka ada solusi yang baik tanpa harus meninggalkan tempat tinggal atau kesibukannya dengan mendapatkan pendidikan jarak jauh,” katanya.

Direktur Universitas Terbuka Serang Maman Rumanta mengatakan, kerjasama yang dibangun bertujuan membantu pemerintah pusat dalam meningkatkan APK dan SDM yang secara nasional angkanya belum memuaskan. “Mudah-mudahan dengan pendatanganan MoU ini semakin banyak anak-anak yang tahu bahwa di Serang hadir UT untuk bisa mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi,” tuturnya.

Maman menuturkan, saat ini di UT sudah ada program untuk starata dua (S2) dan strata tiga (S3). “Di UT sudah ada S3 administrasi publik dan S3 manajemen. Kami juga mendapat dukungan dari Banzas Kabupaten Serang terkait adanya beasiswa yang akan dikerjasamakan untuk meningkatkan APK dan SDM di Kabupaten Serang ini,” paparnya.

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengaku bersyukur atas dilakukannya MoU tersebut walaupun seharusnya MoU dilakukan sejak jauh-jauh hari karena kerjasama antara UT dengan Pemkab Serang sudah berjalan. “Alhamdulillah UT memberikan kesempatan untuk anak-anak Kabupaten Serang bisa mengenyam pendidikan di UT dengan jumlah yang banyak 25 orang dari program CSR UT,” kata Tatu.

Ia mengatakan, kerjasama dengan UT dilakukan untuk memberikan peluang anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa kuliah selain ke Untirta dan Universitas Indonesia (UI). “Yang nanti kita pikirkan kalau anak-anak ini membutuhkan anggaran dari pemda kita akan salurkan ke Baznas karena di Baznas ada anggaran untuk beasiswa. Selain yang 25 orang ada juga yang bidik misi lima orang,” ujarnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook