Dua Penderita DBD Meninggal

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 20 Februari 2020 - 15:35:00 WIB   |  dibaca: 43 kali
Dua Penderita DBD Meninggal

TERLAMBAT PENANGANAN: Pegawai Dinkes Lebak melakukan fogging di rumah Nadya, di Kecamatan Warunggunung, belum lama ini.

LEBAK, BANTEN RAYA- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak hingga 19 Februari 2020 mencapai 23 kasus. Dua di antaranya meninggal dunia, atas nama Nadya (8 bulan) warga Kampung Baros, Desa Baris, Kecamatan Warunggunung; serta Sofia (5) warga Kampung Kampung Gajrug, Desa Bintang Resmi, Kecamatan Cipanas. Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, dua warga yang positif DBD tersebut meninggal dunia pada Januari lalu.

Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono kepada Banten Raya mengatakan, sejak Januari hingga 19 Februari 2020, sebanyak 70 orang yang suspect DBD. Namun setelah mendapatkan perawatan sekaligus diagnosa, ternyata dari 70 orang tersebut hanya 23 orang yang positif DBD.

Terkiat dua orang yang meninggal dunia, hal itu karena terlambat dibawa ke pihak medis. “Dua orang positif DBD dari Warunggunung dan Cipanas tersebut meninggalnya pada Januari lalu,” ujar Triatno, kemarin.

Agar kasus DBD tersebut tidak semakin meluas, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pengasapan atau fogging di sekitar kediaman Nadya dan Sofia. “Saat kami mendapatkan laporan bahwa Nadya dan Sofia meninggal dunia akibat DBD, maka selain melakukan penyelidikan epidemiologi, kami pun melakukan pembasmian jentik nyamuk di rumah kedua korban,” terangnya.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Lebak Firman Rahmatullah mengatakan, setiap musim hujan dipastikan lingkungan permukiman akan bermunculan genangan air.

Agar genangan air tersebut tidak dijadikan sarang nyamuk, maka masyarakat jangan malas untuk membersihkan atau mengeringkan genangan air tersebut.“Kami rasa, kejadian meninggal dunia akibat DBD yang dialami dua warga Lebak harus dijadikan pengalaman masyarakat agar bisa membeskan wilayahnya dari genangan air,” harap Firman.(hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook