KB MKJP Ditargetkan 9.000 Peserta

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 20 Februari 2020 - 15:48:50 WIB   |  dibaca: 28 kali
 KB MKJP Ditargetkan 9.000 Peserta

GENCAR SOSIALISASI : Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit (kanan) meninjau pelayanan KB MKJP di Puskesmas Petir, Rabu (19/2).

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3B) Kabupaten Serang mengadakan pelayanan keluarga berencana (KB) dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Pelayanan KB MKJP digencarkan karena pada tahun 2020 ini DKBP3A menargetkan 9 ribu peserta baru untuk KB MKJP atau naik dua persen dari tahun sebelumnya.

Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, peserta KB MKJP di Kabupaten Serang saat ini masih terbilang rendah baru 23 persen. “Kita terus memberikan pelayanan agar peserta KB MKJP terus meningkat jumlahnya dari 23 persen menjadi 25 persen pada tahun ini. Makanya, tahun 2020 ini kita targetkan bisa melayani sembilan ribu peserta baru,” kaya Tarkul, Rabu (19/2).

Ia mengungkapkan, respons masyarakat terhadap pelayanan KB MKJB setelah diberi pemahaman cukup baik dan target peserta baru setiap tahunnya bisa tercapai. “Hari ini (kemarin-red) kita mengadakan pelayanan di lima kecamatan yaitu, Kecamatan Petir, Tunujung Teja, Cikeusal, Pamarayan, dan Kecamatan Bandung. Alhamdulillah kita bisa melayani 208 peserta baru,” ujarnya.

Untuk memastikan target pelayanan KB MKJB tercapai, pelayanan akan dilakukan di semua kecamatan di Kabupaten Serang, sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya KB MKJP. “Kita berharap antara KB MKJP dengan KB non MKJP ini bisa seimbang. Kita sedang menekan laju pertumbuhan penduduk maka pelayanan KB MKJP ini kita gencarkan,” tuturnya.

Dari sisi usia, Takul mengungkapkan, peserta KB MKJP didominasi oleh ibu rumah tangga yang telah memiliki minimal dua orang anak. Berbeda dengan peserta KB non MKJP yang didominasi ibu rumah tangga yang baru memiliki satu orang anak. “Kalau melihat dari tren yang ada, kesadaran untuk pasang KB MKJP terus meningkat. Makanya yang perlu kami lakukan memberikan pemahaman bahwa KB MKJP itu aman,” katanya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook