Jalan Poros Curug-Walantaka Berlubang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 20 Februari 2020 - 15:53:57 WIB   |  dibaca: 81 kali
Jalan Poros Curug-Walantaka Berlubang

MIRIP KUBANGAN KERBAU: Pengendara sepeda motor berhati-hati saat melintas di jalan poros kelurahan tepatnya di Lingkungan Ciwatak, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, Kota Serang, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Jalan poros kelurahan tepatnya di Lingkungan Ciwatak, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, Kota Serang, saat ini kondisinya rusak parah. Akibatnya, akses warga dan pengendara sepeda motor serta mobil mengalami hambatan. Jalan tersebut menghubungkan Kecamatan Curug dengan Kecamatan Walantaka.

Pantauan Banten Raya di lokasi, kemarin, permukaan jalan poros yang menghubungkan ke Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, itu saat ini berlubang. Diameternya pun cukup besar. Alhasil, para pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati. Sebab, jalan rusak itu berpotensi mengakibatkan kecelakaan tunggal.

Salah seorang warga sekitar bernama Pipit menjelaskan, mulanya kerusakan jalan itu berdiameter kecil, namun seiring waktu lubang itu bertambah besar dan banyak hampir di sepanjang jalan. Kondisi tersebut makin diperparah tatkala hujan mengguyur lingkungan sekitar. Lubang di tengah jalan praktis terendam oleh sisa air hujan.

“Iya khawatir lah. Menggangu keselamatan takut terjadi kecelakaan. Ini sangat beresiko. Saya sendiri sih alhamdulillah belum pernah tapi waktu itu saya pernah lihat ada yang kecelakaan,” ujar ibu yang mengaku berasal dari Tinggar ini.

Ia mengungkapkan, selain karena kondisi permukaan aspalnya sudah lama, kerusakan juga disebabkan oleh banyaknya kendaraan bertonase berat yang sering melintas di jalan poros tersebut.“Rusaknya udah lama, karena banyak mobil gede-gede bawa kayu yang lewat sini,” ucap dia.

Oleh karena itu, Pipit bersama warga sekitar berharap kepada Pemkot Serang agar segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab, jalan poros itu merupakan akses satu-satunya warga Kelurahan Curug menuju ke Kecamatan Walantaka.“Harapannya cepat dibangun ya. Soalnya jalan ini jadi andalan buat warga kalau mau ke Jakarta bisa lewat sini,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Curug Andi Heryanto mengatakan, di wilayahnya tahun ini ada sejumlah jalan poros yang mengalami kerusakan. Dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan dinas terkait agar jalan poros yang rusak itu segera mendapatkan perbaikan.“Iya, masuk jalan poros, nanti dari PUPR perbaikannya, dan perbaikan jalan ini masuk ke dalam biaya pemeliharaan, dan sudah diagendakan juga,” ujar Andi.

Ia mengungkapkan, perbaikan jalan poros di sejumlah titik akan dilakukan pada triwulan pertama tahun 2020. Titiknya mulai dari Kelurahan Curug, Curug Manis, dan beberapa titik lainnya. Untuk sementara itu, dan pelaksanaanya bulan depan,” sebut dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ridwan mengatakan, perbaikan jalan di Kelurahan Curug sudah masuk perencanaan tahun ini melalui biaya pemeliharaan. Diperkirakan panjang jalan yang akan diperbaiki sekitar 300 meter, namun khusus di Kelurahan Curug.

“Iya ada tahun ini perbaikan di Kecamatan Curug sampai Cigoong, Kecamatan Walantaka. Nanti ada biaya pemeliharaan, jadi mulai dari Cigoong juga nanti. Rencananya nanti kami hotmix, jadi sekitar 300 meter panjang jalannya. Kalau anggarannya saya kurang tahu, nanti dikabarin lagi,” katanya. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook