Syafrudin Apresiasi Bakat Anak Penyandang Disabilitas

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 20 Februari 2020 - 16:02:12 WIB   |  dibaca: 102 kali
Syafrudin Apresiasi Bakat Anak Penyandang Disabilitas

PUNYA KELEBIHAN : Walikota Serang Syafrudin berpose di depan kotak yang dihias oleh anak berkebutuhan dalam ajang FLS2N, FLS, dan LKSN, Rabu (19/2).

SERANG, BANTEN RAYA – Walikota Serang Syafrudin membuka kegiatan kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Literasi Sekolah (FLS), dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) khusus anak berkebutuhan khusus tingkat Kota Serang, Rabu (19/2).

Syafrudin sangat mengapresiasi dengan karya dari anak-anak penyandang disabilitas tersebut. Meskipun memiliki keterbatasan secara fisik, namun semangat anak-anak berkebutuhan khusus dalam mengenyam pendidikan melalui ajang FLS2N, FLS, dan LKSN, layak mendapat apresiasi. “Saya lihat sendiri ya kreasi anak-anak kita luar biasa sekali,” ujar Syafrudin, setelah memantau langsung proses perlombaan anak berkebutuhan khusus.

Di sela-sela memantau aktivitas peserta lomba, orang nomor satu di Kota Serang ini pun menyempatkan untuk berbincang dengan salah seorang peserta dan memberikan motivasi kepada setiap peserta.“Tadi (kemarin -red) saya lihat anak-anak lagi merias kotak sumbangan, kemudian ada yang merangkai bunga. Ada juga yang membatik, ada juga merias, membuat permainan kinetik kriya kayu, komik, dan puisi. Semuanya bagus-bagus,” ucap mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang ini.

Oleh karena itu, Syafrudin optimistis anak-anak berkebutuhan khusus asal Kota Serang bakal mampu bersaing dengan siswa-siswi normal dan mengukir prestasi pada ajang serupa di tingkat provinsi dan nasional. “Kalau target sih ke tingkat nasional. Ya mudah-mudahan dengan kami datang ke sini, mereka punya semangat yang luar biasa, sehingga mereka bisa mewakili ke tingkat nasional,” harapnya.

Ia juga berencana akan memberikan bantuan terkait ppada tenaga pendidik, terutama honor dan kesejahteraannya. “Karena tidak semua tenaga pendidik atau pekerja di SKh ini PNS, ada juga yang honor. Jadi hal ini perlu pemerintah Kota Serang memperhatikan, walau dalam kebijakan adalah kewenangan provinsi. Namun kita lihat dari letaknya jelas berada di wilayah Kota Serang,” tutur Syafrudin.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan Agus Helfi Rahman menyebutkan, ada tujuh SKh mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) sampai SMA di Kota Serang ambil bagian pada ajang FLS2N, FLS, dan LKSN. Tujuh SKh itu Samantha, Yayasan Anak Mandiri, Tandita, Elok Asri, Meidina, SKh 01, dan SKh 02. “Ada 77 siswa dari tujuh SKh di Kota Serang yang mengikuti perlombaan mulai dari menari, pantomin, kriya kayu, membatik, melukis, merangkai bunga, membuat komik, menulis dan baca puisi,” sebut Agus.

Ia mengungkapkan, kontingen Kota Serang mempunya track record yang cemerlang di ajang tingkat nasional. Ia berharap besar kepada para peserta didiknya agar dapat memenangkan perlombaan baik di tingkat provinsi maupun nasional.“Alhamdulillah kami kontingen Kota Serang sudah melahirkan tiga juara tingkat nasional. Salah satunya adalah Sodikin juara 1 harapan lomba melukis jenjang SMP tahun 2015 silam,” ungkap dia.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Bidang Sekolah Khusus Dindikbud Provinsi Banten Arkani mengatakan, siswa-siswi terbaik dari perwakilan Kota Serang akan kembali berlaga pada ajang serupa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.“Rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Februari. Dari tiga ajang ini akan dilakukan dalam satu waktu.

Untuk lokasinya rencananya di Hotel Marbella karena memang fasilitas untuk cabornya tersedia di sana. Tapi lomba yang secara umum itu dilaksanakan di SKh Pandeglang. Siswa terbaik dari setiap lomba dari tiga ajang akan mewakili Banten ke tingkat nasional,” ujar Arkani. (harir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook