PDIP Mendukung, PAN Melawan

nurul roudhoh   |   Politik  |   Kamis, 20 Februari 2020 - 16:10:03 WIB   |  dibaca: 1347 kali
PDIP Mendukung, PAN Melawan

SERBA MERAH : Ratu tatu Chasanah - Pandji tirtayasa diperkenalkan PDIP sebagai bakal pasangan calon yang diusung di Pilkada Kabupaten Serang.

SERANG, BANTEN RAYA- PDIP dan PAN mengambil sikap berbeda menghadapi pilkada serentak tahun 2020 di Banten. Partai berlogo banteng moncong putih memilih untuk mendukung petahana di Kabupaten Serang dan Pandeglang. Sedangkan partai berlambang matahari mengusung calon alternatif. Dukungan PAN ke petahana hanya diberikan untuk Pilkada Pandeglang.

Informasi yang dihimpun, rekomendasi PDIP dituangkan dalam keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) nomor 1196/IN/DPP/II/2020 tertanggal 18 Februari 2020. Untuk Provinsi Banten, PDIP baru menurunkan rekomendasi untuk dua daerah.

Pertama untuk Kabupaten Serang, pilihan jatuh pada pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa. Kedua untuk Kabupaten Pandeglang, yang juga ke pasangan petahana Irna Narulita-Tanto Warsono Arban.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Banten Asep Rahmatullah membenarkan, DPP PDIP telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan petahana pada pilkada serentak 2020 di Kabupaten Serang dan Pandeglang. Adapun dasar keputusan itu diambil dari berbagai pertimbangan, salah satunya adalah survei.“(Dasar merekomendasikan) pasti berdasarkan hasil survei, terus juga solidaritas kader partai pengusung dan dukungan-dukungan,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Rabu (19/2).

Mantan Ketua DPRD Banten itu menjelaskan, untuk dua daerah lainnya masih digodok oleh DPP. Kemungkinannya, rekomendasi sudah bisa turun pada pertengahan Maret mendatang. “Semua kandidat yang mendaftar kita godok, karena yang daftar itu kan ada yang melalui DPC (dewan pimpinan cabang), DPD, dan DPP. Intinya kita godok semua sesuai dengan dinamika yang berkembang, terus beberapa nama yang beredar kita didasari pada survei itu kita kaji semua,” katanya.

Sementara untuk PAN, rekomendasi dari DPP telah turun kemarin. Meski demikian, pengusungan baru diberikan untuk tiga daerah yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Cilegon. Untuk komposisi rekomendasi, PAN dominan mengusung bakal calon (balon) kepala daerah alternatif.

Untuk di Kabupaten Serang misalnya, partai besutan Zulkifli Hasan itu mengusung balon alternatif pada sosok Masrori yang tak lain merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Banten. Lalu untuk Kota Cilegon lagi-lagi PAN tak mengusung petahana. Pilihanya jatuh kepada Iye Iman Rohiman, seorang pengusaha dan mantan anggota DPRD Kota Cilegon.

Keputusan PAN untuk mendukung petahana seperti PDIP hanya terjadi untuk Pilkada Kabupaten Pandeglang yang sama-sama mendukung Irna Narulita. Namun rekomendasi yang diberikan PAN tak satu paket. PAN hanya merekomendasikan Irna seorang. Keputusan itu diumumkan di Sekretariat DPW PAN Banten, kemarin.

Ketua DPW PAN Provinsi Banten Masrori mengatakan, setelah melalui sejumlah tahapan akhirnya DPP mengeluarkan keputusannya. Semua rekomendasi ditujukan untuk posisi balon kepala daerah, bukan satu paket bersama pasangannya.“Untuk Kota Cilegon kita (PAN) meminta Pak Iye segera membangun komunikasi politik dengan seluruh partai yang non incumbent (petahana) tentunya. Itu karena beliau sudah nyalonnya sebagai calon walikota, saya kira (dukungan harus) sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Soal kemungkinan Iye dipasangkan dengan Helldy Agustian yang juga masuk bursa Pilkada Kota Cilegon, Masrori tak membantahnya. Menurutnya, semua kemungkinan masih bisa terjadi karena suhu politik saat ini berjalan dinamis. “Ada kemungkinnan karena komunikasi politik semalam (18/2) kita sampaikan, semuanya politik dinamis, belum final,” tuturnya.

Sama dengan dirinya yang diamanahi DPP PAN untuk maju di Pilkada Kabupaten Serang, dirinya akan menjadi calon pendamping yang ideal. Untuk mencari calon pasangan, mantan Kepala Desa Balekambang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang itu tak mematok kriteria khusus.“Kriterinya yang bisa berpasangan dan satu visi, kemudian mampu mengangkat potensi kemenangan. Satu visi Serang adil makmur, siapa pun yang layak, dicintai masyarakat,” katanya.

Untuk calon pendampingnya juga akan dibicarakan dalam Koalisi Adil dan Makmur yang baru dibentuk pada Selasa (18/2) malam. Parpol koalisi lainnya dari PKS, Hanura dan Berkarya juga memiliki calonnya masing-masing. Dengan demikian, perlu pembahasan bersama lebih lanjut.

“Pasangannya digodok. Termasuk Gerindra akan bergabung, saya sudah komunikasi dengan Bang Desmond (J Mahesa, Ketua DPD Gerindra Banten). Insya Allah dikoalisi yang semalam itu Gerindra akan bersama,” akunya.

Disinggung soal Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Masrori mengaku belum turunnya rekomendasi DPP dikarenakan tahapannya masih berlangsung di tingkat daerah. Ia membantah pembahasan di DPD PAN Tangsel masih alot, melainkan hanya ada beberapa tahapan yang perlu diselesaikan. “Untuk Tangsel kita nunggu rekomendasi dari DPD ke kita, karena belum. Bukan alot, prosesnya masih di sana (DPD PAN Kota Tangsel),” kata Masrori.

Sementara itu, bakal calon Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, PAN merupakan parpol pertama yang menyatakan dukungan kepada dirinya. Ia mengapresiasi keputusan PAN untuk mengusungnya. Sebab, dirinya merasa masih memiliki utang dan berharap bisa diselesaikan ketika kembali menjabat sebagai kepala daerah periode selanjutnya.

"PAN itu sudah jadi keluarga besar saya, yang membesarkan saya selama empat tahun terakhir. Masih banyak PR (pekerjaan rumah), seperti pelayanan  dasar yang belum diselesaikan. Oleh karena itu kami minta dukungan dari semua pihak," ungkapnya.

Di tempat yang sama, bakal calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman mengaku akan memaksimalkan kepercayaan yang telah diberikan oleh PAN. Mengingat jumlah kursi yang dimiliki PAN belum memenuhi syarat minimal dukungan, dirinya akan mencari dukungan ke parpol lainnya.“Alhadmulilah sudah terjawab bahwa partai PAN salah satunya yang mengusung untuk maju melangkah. Sebelumnya Pak Haji (Iye menyebut dirinya) beberapa partai yang sudah mencoba untuk masuk dalam rangka konsolidasi. Insya Allah partai-partai akan memberikan dukungan terhadap haji Iye,” ujarnya percaya diri.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni membenarkan, ada kemungkinan partainya akan bergabung dengan Koalisi Kabupaten Serang Adil dan Makmur. Sebab, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, kedua parpol pernah bergabung dalam satu gerbong. “Insya Allah, kita pernah bersama-sama dengan PAN. Semangat bersama itu kami ingin lanjutkan dalam pilkada ini,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni membenarkan ada kemungkinan partainya akan bergabung dengan Koalisi Kabupaten Serang Adil dan Makmur. Sebab, pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 lalu, kedua parpol pernah bergabung dalam satu gerbong.“Insya Allah, kita pernah bersama-sama dengan PAN. Semangat bersama itu kami ingin lanjutkan dalam pilkada ini,” ujarnya. (dewa)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook