Banten Dapat Penghargaan Pengawasan Kearsipan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 21 Februari 2020 - 12:59:30 WIB   |  dibaca: 226 kali
Banten Dapat Penghargaan Pengawasan Kearsipan

BUKAN HANYA TEMPAT MEMBACA : Pengunjung memasuki gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten, Kamis (20/2).

SERANG, BANTEN RAYA-Pemerintah Provinsi Banten akan mendapatkan anugerah penghargaan Pengawasan Kearsipan Terbaik tahun 2019, yang akan diberikan oleh Arsip nasional Republik Indonesia (Andri). Hal tersebut disampaikan Ajak Moeslim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten.

Menurut Ajak, rencananya penganugerahan tersebut akan diberikan langsung kepada Gubernur Banten pada tanggal 26 Februari mendatang di Teh Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah. Penghargaan ini merupkan hasil dari nilai hasil pengawasan kearsipan yang dilakukan oleh Andri kepada DPK Banten."Alhamdulilah tahun ini kami mendapatkan penghargaan dari Andri sebagai Pengawasan Arsip dengan katagori sangat baik," kata Ajak kepada Banten raya di ruang kerjanya, Kamis (20/2).

Ajak menjelaskan, tiap tahunnya ANdri selalu memberikan pengawasan kepada kementerian, lembaga dan pemerintahan daerah terkait dengan kearsipan. Hal tersebut merupakan amanah dari Undang-undnag Nomor 43 tahun 2019."Tentang Pentunjuk Pelaksanaan Undang-undang Kearsipan dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2018, tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah," ungkap Ajak.

Adapun aspek penilaian yang dilakukan Andri, lanjut Ajak, diantaranya mengenai aspek ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,  program kearsipan, pengelolaan arsip inaktif dengan retensi sekurang-kurangnya 10 tahun dan aspek penyusutan arsip."Sebagai hasil dari pelaksanaan pengawasan kearsipan nasional tahun 2019, Provinsi Banten mendapatkan hasil penilaian dengan katagori Sangat Baik," tegasnya.

Ajak menambahkan, dengan adanya penghargaan ini, akan menjadi motivasi bagi para arsiparis yang berada di DPK Banten dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang berada di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten untuk terus meningkatkan pelayanan dalam bidang kearsipan."Sebelumnya kami juga mendapatkan sejumlah penghargaan, bagik mengenai arsiparis maupun pustakawan atau peprustakaan," imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook