Rehab 11 Saluran Irigasi Rp 3 Miliar

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 27 Februari 2020 - 15:33:08 WIB   |  dibaca: 39 kali
Rehab 11 Saluran Irigasi Rp 3 Miliar

TERTIMBUN LONGSOR: Irigasi di Cirinten yang rusak tertimbun tanah longsor merupakan salah satu saluran irigasi yang akan diperbaiki, Rabu (26/2).

Sebanyak 11 titik saluran irigasi di sejumlah kecamatan di Lebak akan segera direhab. Berdasarkan data yang diterima Banten Raya, 11 titik saluran irigasi tersebut berada di Kecamatan Warunggunung, Leuwidamar, Lebakgedong, Cirinten, Cileles, Cilograng,  Panggarangan, Cilograng. Anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) serta APBD Lebak yang totalnya sebesar Rp 3 miliar.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Dade Yan Apriandi kepada Banten Raya mengatakan, 11 titik saluran airigasi di sejumlah kecamatan terssebut kondisinya memang sangat memprihatinkan yang telah didata dan diusulkan pada 2019.

Agar kondisinya normal kembali, maka tahun ini Pemkab Lebak merealisasikan perbaikannya menggunakan DAK dan APBD. “Perbaikan 11 titik saluran irigasi tersebut dilaksanakan sekitar Mei tahun ini setelah proses lelang,” ujar Dade, kemarin.

Hingga kini masih ada saluran irigasi yang mengalami kerusakan, namun karena anggarannya terbatas, maka untuk penanganan irigasi yang rusak lainnya akan dilakukan bergiliran. “Meski tidak direhab tahun ini, maka tahun depan bagi irigasi yang belum tertangani akan ditangani,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPUPR Lebak Maman SP mengatakan, proses lelang penanganan perbaikan 11 saluran irigasi segera dilaksanakan. Oleh karena itu pihaknya berharap, setelah proses lelang selesai dilakukan, maka perusahaan pemenang lelang diminta langsung untuk bekerja untuk menangani 11 saluran irigasi di beberapa kecamatan tersebut. “Mudah-mudahan setelah diperbaiki, para petani sudah bisa menikmati normalisasi 11 saluran irigasi tersebut,” harap Maman. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook