Walikota Minta OPD Serius Membuat LKPJ

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 27 Februari 2020 - 15:56:18 WIB   |  dibaca: 106 kali
Walikota Minta OPD Serius Membuat LKPJ

RAKOR LKPJ: Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menghadiri rapat koordinasi pembahasan rancangan LKPJ Kota Serang 2019, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (26/2).

SERANG, BANTEN RAYA- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk serius dalam membuat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). Karena LKPJ tersebut merupakan hasil kerja selama satu tahun 2019 Pemkot Serang. Hal ini dikatakan Walikota Serang Syafrudin saat membuka rapat koordinasi pembahasan rancangan LKPJ Kota Serang 2019, yang digelar di Hotel Le Dian, Ciceri, Kota Serang, Rabu (26/2).

Syafrudin menyatakan, rapat koordinasi pembahasan rancangan LKPJ ini sangat urgen. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh OPD untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tidak main-main.

“Hasil LKPJ ini nantinya akan dilaporkan paling lambat tiga bulan setelah anggaran itu selesai. Jadi maksimalnya bulan Maret. Makanya kami minta kepada para OPD untuk serius membuat LKPJnya dan sesuai aturan,” ucap Syafrudin kepada wartawan, setelah membuka rapat.

Ia mengatakan, LKPJ Kota Serang ini menjadi acuan keberhasilan kinerja OPD, dalam penyerapan anggaran yang sesuai dengan laporan kegiatan yang ada pada OPD masing-masing.“LKPJ ini rangkuman dari kinerja kami selama satu tahun. Jadi kalau laporan dari OPD-nya jelek, maka kinerja wali dan wakil walikotanya juga ikut jelek. Begitu juga sebaliknya, maka kinerja kepala OPD juga jelek. Jadi laporan ini saling berkaitan, dan menjadi tolak ukur kinerja kami,” ujar dia.

Kepala Bappeda Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, maka Pemkot Serang berkewajiban melaporkan laporan kinerja baik ke pemerintah pusat, DPRD Kota Serang dan publik.“Laporan tersebut wajib disampaikan untuk publik itu melalui informasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD), sementara untuk DPRD Kota Serang itu LKPJ,” ujar Nanang.

Karena itu, sambung dia, sebelum disampaikan kepada DPRD Kota Serang, pihaknya melakukan verifikasi data dan menyamakan persepsi antar OPD di Pemkot Serang. “Kami memiliki target dan itu harus diselaraskan dengan semua OPD. Hasil laporan tersebut nanti DPRD memberikan catatan rekomendasi kepada pemkot, mana saja yang harus diperbaiki,” jelas dia. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook