Pemkot Ngutang untuk Bangun Jalan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 28 Februari 2020 - 15:34:17 WIB   |  dibaca: 140 kali
Pemkot Ngutang untuk Bangun Jalan

GENJOT INFRASTRUKTUR: Suasana acara kopi pagi dalam rangka memaparkan program unggulan dan evaluasi tahun anggaran 2019-2020 di kantor DPUPR Kota Serang, Kamis (27/2).

SERANG, BANTEN RAYA- Pemkot Serang merencanakan meminjam uang (utang) ke salah satu bank daerah melalui nota kesepakatan. Pinjaman daerah tersebut untuk menggenjot program prioritas pembangunan infrastruktur. Skema utang itu diwacanakan mengingat APBD Kota Serang sangat terbatas.Demikian terungkap pada acara Kopi Pagi yang dihelat di aula rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang, Kamis (27/2).

Rapat tersebut dihadiri Walikota Serang Syafrudin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, Kepala DPUPR Kota Serang M Ridwan, Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sunardi, Kepala Bappeda Kota Serang Nanang Saefudin, dan Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas.

Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, pinjaman daerah tersebut akan dilakukan pada 2021. Tujuannya untuk mempercepat pembangunan Kota Serang, karena terkendala dengan anggaran (APBD) yang sangat kecil.“Anggaran yang kurang atau APBD yang kecil, maka itu kami berencana akan melakukan pinjaman daerah, kemudian melakukan loby ke Pemprov Banten untuk memberikan bantuan yang besar lagi,” ujar Budi.

Ia mengungkapkan, terkait pinjaman daerah yang akan dilakukan, pihaknya bersama Pemkot Serang akan melakukan rapat internal bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Serang. "Kita akan melakukan rapat internal walikota, wakil walikota dan OPD yang menjadi program prioritasnya untuk bahan yang akan dijadikan pengajuan ke provinsi lanjutnya,” ucap dia.

Budi menjelaskan, dari hasil pertemuan tersebut akan dilakukan rapat internal Pemkot Serang, dan disesuaikan dengan yang diusulkan DPRD Kota Serang. Kemudian untuk pinjaman nanti Pemkot Serang akan menunjuk bank daerah mana yang akan dilakukan pinjaman.“Untuk perencanaan akan dilakukan pada anggaran perubahan tahun ini, dan rencana pelaksanan pinjaman daerah akan dilakukan tahun depan,” jelasnya.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, program prioritas tahun 2020 pada Dinas PUPR masih fokus dengan pembangunan infastuktur baik pembangunan jalan maupun drainase, kekumuhan dan bangunan gedung kelurahan dan kecamatan. Kemudian tahun 2021 ada program pembangunan Masjid Agung Kota Serang.“Pembangunan jalan poros di Kota Serang juga menjadi salah satu program prioritas utama dari dinas PUPR pada 2020 ini,” ujar Syafrudin.

Ia menuturkan, pembangunan infrastruktur jalan di Kota Serang sangat tinggi dibandingkan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu ia meminta kepada OPD terkait untuk merespons cepat aspirasi masyarakat.“PU dan perkim harus merespons cepat bila ada keluhan dari masyarakat. Karena warga mah gak mau tau, tahunya jalan pengen cepat dibangun, paling tidak diurug aja dulu,” katanya. (harir/rahmat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook