Uswatun Dapat Uang Kadeudeh Dari WH

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 13 Maret 2020 - 13:22:06 WIB   |  dibaca: 371 kali
Uswatun Dapat Uang Kadeudeh Dari WH

UANG KADEUDEUH : Sirojudin, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten di Kabupaten Lebak memberikan uang kadeudeuh dari Gubernur Banten kepada Putri Uswatun Hasanah saat membuka acara Kompetisi Sains Nasional se-Kabupaten Lebak di SMAN 1 Malingping, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA - Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan uang kadeudeuh kepada Putri Uswatun Hasanah dan kedua temannya atas prestasi yang telah diraihnya sebesar Rp5 juta. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Cabang Dinas Lebak pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Sirojudin.

Seperti diketahui, Putri Uswatun Hasanah, anak seorang janda penerima manfaat Peserta Keluarga Harapan (PKH) menjadi peserta Regeneron Intel International Science and Engeneering Fair (IISEF) tingkat Internasional, sebagai delegasi Indonesia yang akan berkompetisi pada tanggal 10-15 Mei 2020 mendatang di Anaheim Convention Center, Anaheim, California–Amerika Serikat.

Karya ilmiah dari siswi SMAN 1 Malingping yang memperoleh predikat juara 1 tingkat nasional bersama kelompoknya tersebut, menciptakan pelet limbah sagu (metroxylon sagu) termodifikasi yaitu aplikasi pakan buatan pada usaha pembesaran ikan lele dumbo (clarias sp).

Sirojudin mengatakan, bahwa pemberian uang kadeudeuh ini salah satu bentuk perhatian Gubernur Banten kepada peserta didik asal Banten, yang berhasil mengharumkan nama baik dikancah nasional. "Uang kadeudeuh dari Pak Gubernur dititipkan kepada Cabang Kabupaten Lebak pada Dindikbud Banten. Dalam kesempatan itu, Pak Gubernur juga meminta kepada Uswatun dan rekan-rekannya, untuk terus rajin belajar untuk meraih masa depan yang lebih baik," kata Sirojudin kepada Banten Raya, Kamis (12/3).

Menurutnya, ada kisah yang perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa Putri Uswatun Hasanah memang meraih juara pertama dalam lomba bidang dan masuk dalam 20 besar. Kemudian pihak panitia dalam hal ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan seleksi kembali untuk mencari enam besar.

"Hasil dari seleksi terakhir, Putri Uswatun Hasanah masuk enam besar. Pihak LIPI hanya memberikan biaya lomba kepada pemenang juara pertama sampai dengan tiga. Nah, Putri Uswatun Hasanah tidak masuk tiga besar, sehingga hanya mendapatkan surat rekomendasi dari LIPI untuk ikut Regeneron Intel International Science and Engeneering Fair (IISEF) 2020," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Sirojudin berharap pemberian uang kadeudeuh ini dapat bermanfaat untuk menunjang pendidikan peserta didik yang mengharumkan nama baik Pemerintah Provinsi Banten di kancah nasional. "Terkait pemberangkatan ke Amerika, kami memang tidak mampu. Namun alhamdulilah, kami tetap memberikan perhatian serius terhadap peserta didik yang memiliki prestasi," imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook