Wanasalam Gelar Lomba Balap PBB

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 20 Maret 2020 - 14:08:57 WIB   |  dibaca: 28 kali
Wanasalam Gelar Lomba Balap PBB

KREATIF : Camat Wanasalam Cece Saputra memimpin rapat pembahasan progres lomba balap desa di kantornya, Kamis (19/3).

LEBAK, BANTEN RAYA - Sebanyak 13 desa di Kecamatan Wanasalam mengikuti lomba balap desa  pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2020. Desa yang mengikuti lomba balap desa terdiri dari Desa Bejod, Cikeusik, Cilangkap, Cipedang, Cipeucang, Cisarap, Karangpamindangan, Ketapang, Muara, Parungpanjang, Parungsari, Sukatani, dan Desa Wanasalam.

"Lomba balap desa ini merupakan inovasi Kecamatan Wanasalam. Dalam rangka upaya atau ikhtiar pemerintah kecamatan dalam percepatan pelunasan PBB tahun 2020," kata Camat Wanasalam Cece Saputra kepada Banten Raya, Kamis (19/3).

Menurutnya, tahun 2019 lalu, tingkat pelunasan PBB Kecamatan Wanasalam masuk dalam kategori baik. Dari 13 desa, sebanyak 11 desa mencapai 92 persennya pelunasannya. "Nah tahun 2020 ini melalui balap desa diharapkan mengalami peningkatan. Harapannya pada bulan April mendatang sudah lunas," katanya.

Cece mengungkapkan, memasuki triwulan ketiga 2020, warga yang sudah membayar PBB baru mencapai 13 persen dari target Rp 616 juta. "Kami optimis bulan April mendatang akan menunjukan angka signifikan karena lomba balap desa ini sangat antusias diikuti oleh kepala desa. Bahkan mereka sampai melakukan wawar keliling kampung untuk mengingatkan warga akan pembayaran PBB," katanya.

Cece mengungkapkan, kegiatan lomba balap desa yang dicanangkan oleh pemerintah kecamatan sebetulnya bukan sekedar lomba, tetapi mengajak masyarakat agar patuh dan taat membayar pajak. Supaya ke-depannya menjadi budaya di lingkungan masyarakat.

"Tanpa harus ditagih mereka sudah lebih dulu melakukan pembayaran pajaknya. Jadi ini juga bagian upaya kita dalam meningkatkan kesadaran para wajib pajak terhadap kewajibannya apalagi uang hasil pajak akan dikembalikan untuk pembangunan di desanya sendiri," katanya.

Penjabat Desa Wanasalam Dadan Ginanjar Edi menyambut baik penyelanggaraan lomba balap desa. "Secara tidak langsung walaupun tidak ada paksaan, kegiatan lomba mampu memotivasi jajarannya beserta masyarakatnya untuk segera membayar PBB. Saat ini untuk Desa Wanasalam dari target Rp84 juta sudah masuk Rp26 juta atau baru 30 persennya dan kita genjot terus karena masih ada waktu satu bulan lagi," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook