Cegah Abrasi, Tanam 200 Batang Pohon

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 20 Maret 2020 - 14:12:27 WIB   |  dibaca: 100 kali
Cegah Abrasi, Tanam 200 Batang Pohon

TANAM BAKAU : Pengurus Karang Taruna Puloampel bersama warga menanam pohon bakau di Pantai Munir untuk mencegah abrasi, Kamis (19/3).

PULOAMPEL – Mencegah terjadinya abrasi di pesisir pulau menjadi tanggungjawab bersama dan bisa dilakukan dengan cara membuat pemecah ombak atau menanam pohon bakau seperti yang dilakukan Karang Taruna Kecamatan Puloampel.

Bertempat di Pantai Munir, Desa Pulo Panjang, Kecamatan Puloampel, Kamis (19/3), pengurus Karang Taruna Kecamatan Puloampel dibantu dengan warga setempat dan perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang menanam pohon mangrove atau bakau untuk mencegah terjadinya abrasi dan membuat penghijauan di sekitar Partai Munir.

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut mendapat respons positf dari warga karena sebagian besar mangrove di pesisir Pantai Munir sudah mati. “Alhamdulillah kegiatan kami mendapat respons yang baik dari warga. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk kembali menanam pohon mangrove,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Puloampel Luki Sosiawan.

Luki menuturkan, penanaman pohon mangrove dilakukan atas kerjasama antara Karang Taruna dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Puloampel. “Kita menanam 200 batang pohon mangrove yang bibitnya kita beli dari Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa. Per batangnya kita beli Rp2.500. Cuman sayangnya dari perusahaan tidak ada yang hadir,” ungkapnya.

Selain menanam, pengurus Karang Taruna juga akan memantau pohon bakau yang telah ditanam tersebut untuk memastikan kelanjutan pertumbuhannya. “Kita kerjasama dengan warga setempat akan merawatnya bersama-sama. Kita ingin pohon mangrove yang kita tanam bisa mencegah abrasi dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, selain menanam di Pantai Munir, ke depan Karang Taruna juga akan menanam di tempat lain yang dinilai perlu untuk ditanami pohon mangrove. “Kami sangat berharap pohon mangrove yang kita tanam bisa mendatangkan ekonomi bagi masyarakat sekitar seperti dijadikan tempat wisata atau yang lainnya,” harapnya. (TANJUNG)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook