Pasar Kranggot dan Blok F Buka Layanan Pesan Antar

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 27 Maret 2020 - 13:50:01 WIB   |  dibaca: 343 kali
Pasar Kranggot dan Blok F Buka Layanan Pesan Antar

SEPI : Suasana Pasar Blok F Kota Cilegon tampak sepi pembeli, Kamis (25/3).

CILEGON, BANTEN RAYA - Pasar Baru Kranggot dan Pasar Blok F Kota Cilegon saat ini membuka layanan pesan antar atau delivery order. Layanan antar ini dibuka untuk mendukung kebijakan pemerintah agar warga tetap di rumah mengantisipasi penyebaran pegebluk atau wabah korona.

Kepala Unita Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pasar Blok F Dani Rahman mengatakan, saat ini pihaknya telah menunjuk empat pedagang sebagai koordinator pedagang di Pasar Blok F untuk layanan pesan antar. Jadi, warga atau pembeli cukup menghubungi koordinator tersebut untuk pembelian berbagai macam kebutuhan pokok di pasar. “Kita telah menunjuk empat pedagang jadi koordinator. Koordinator ini nomor whatsappanya bisa dihubungi oleh pembeli. Pembeli mau beli apapun, cukup pesan ke koordinator tersebut,” kata Dani ditemui di Pasar Blok F, Kelurahan Ciwaduk, Kamis (26/3).

Dikatakan, koordinator pedagang yang ditunjuk saling berkoordinasi, sehingga antar koordinator bisa memesankan kebutuhan yang tidak ada padanya. Misalkan, kata dia, seorang koordinator hanya berjualan buah-buahan saja, tetapi ketika pembeli hendak membeli ikan atau daging bisa dipesankan ke kordinator bagian ikan ataui daging.

“Selanjutnya setelah pemesanan lengkap maka barang segera dikirim oleh pedagang dengan bekerjasama dengan tukang ojek pangkalan di Pasar Blok F. Pemesan juga harus share loc di WA, agar tukang ojek yang bekerjasama dengan kita tahu alamatnya,” urai Dani.

Kata Dani, proses pembayaran bisa dilakukan saat belanja sampai di rumah, atau juga bisa transfer melalui rekening koordinator pedagang. Harga barang dalam layanan pesan antar itu, kata dia, sesuai harga yang berlaku pada hari itu. “Tetapi, layanan kita hanya di seputar Kota Cilegon saja, seperti Kecamatan Cilegon, Cibeber, Jombang, Purwakarta, dan Serdang (Kabupaten Serang), Tarif ojeknya standar biasanya sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu saja. Kalau di luar itu bisa lebih,” kata Dani.

Selain Pasar Blok F, Pasar Kranggot juga memberlakukan hal yang sama.Kepala UPTD Pasar Baru Kranggot Aceng Syarifudin mengatakan, layanan pesan antar yang diberlakukan hanya melalui satu pedagang saja. “Jadi misalkan si pedagang jualnya hanya buah-buahan, ya itu yang bisa dibeli buah-buahan saja. Kami juga sudah sebar nomor WA pedagang yang telah bekerjasama dengan UPTD Pasar Baru Kranggot untuk layanan delivery order ini,” kata Aceng ditemui di Pasar Blok F, kemarin.

Koordinator Pedagang Pasar Blok F Joko mengatakan, layanan pesan antar sudah berjalan beberapa hari lalu. Ia mengaku sudah ada beberapa pembeli yang memanfaatkan jasa tersebut. “Kemairn sudah ada yang beli kirim ke Perumahan Palm “Keluarahan Kotabumi) ke Serdang (Kabupaten Serang) juga dikirim, ini memudahkan kita para pedagang agar jual beli tetap berjalan meski pasar terlihat sepi,” terangnya.

Pemanfaatan sistem pesan antar, kata Dani, sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu. Hanya saja, saat ini pasca merebaknya virus korona layanan tersebut lebih terkoordinir di pedagang-pedagang yang ditunjuk. “Mudah-mudahan meski pasar sepi, omset kita tidak menurun,” harapnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook