Puskesmas Saketi Siap Sambut Pendatang

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 30 Maret 2020 - 15:24:40 WIB   |  dibaca: 123 kali
Puskesmas Saketi Siap Sambut Pendatang

TES KORONA : Petugas kesehatan Puskesmas Saketi melakukan tes skrining terhadap warga pendatang untuk mendeteksi virus korona, Minggu (29/3).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Puskesmas Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang bekerjasama dengan tim gugus tugas percepatan penanganan virus korona, menyiapkan tenda kesehatan di halaman kantornya di Jalan Raya Saketi-Labuan, Minggu (29/3). Tenda ini digunakan untuk mengecek kesehatan masyarakat khususnya pendatang yang bekerja di luar Pandeglang.

Kepala Puskesmas Saketi Oman Firmansyah mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi warga pendatang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona di Kabupaten Pandeglang. "Tes skrining ini untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu pada seseorang. Tujuan dari tes adalah deteksi dini untuk mengurangi risiko penyakit, terutama virus korona," kata Oman.

Tidak menutup kemungkinan, kata Oman, khawatir ada beberapa warga yang bekerja di Jakarta, ketika pulang kampung membawa virus korona. Sehingga pengecekan tes kesehatan wajib dilakukan sebagai pencegahan. "Jadi bagi warga yang baru pulang kampung habis kerja di Jabodetabek kami tes skrining dulu. Kami tidak mengharapkan ada warga dari luar kota terinfeksi virus korona," terangnya.

Selama pemeriksaan dilakukan, dijelaskan Oman, ada beberapa warga pendatang diduga terjangkit virus korona dengan status orang dalam pemantauan (ODP). Namun mereka sudah diberikan obat agar segera sembuh. "Sudah ada sekitar kurang lebih 30 ODP. Bagi ODP ini kita berikan obat, karena yang ODP itu belum tentu terjangkit," jelasnya.

Dia menilai, bagi masyarakat yang masuk dalam daftar ODP untuk beraktifitas di rumah dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS). Tidak hanya ODP, masyarakat juga diimbau untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus korona. "Kami menyarankan agar warga tetap menjaga kebersihan dan meningkatkan PHBS karena sebagai dasar pencegahan penyebaran virus korona," imbuhnya.

Kepala Desa Langensari, Kecamatan Saketi Restu Sugrining Umam mengatakan, ada beberapa warganya yang bekerja di luar Pandeglang sudah dilakukan pengecekan tes skrining oleh petugas kesehatan Puskesmas Saketi. Hasil pemeriksaan, belum ditemukan warga yang terjangkit virus korona. "Sampai saat ini belum ada. Tapi bagi warga Langensari yang baru pulang dari Jakarta wajib dicek kesehatan sebagai upaya kita semua dalam mencegah virus korona," ujarnya.

Pria ini mengimbau, bagi masyarakat pendatang untuk segera melapor agar dilakukan tes skrining. "Bagi warga pendatang yang belum dicek dapat melapor ke RT dan RW setempat agar bisa didata untuk di cek kesehatannya demi menjaga kesehatan bersama," pesannya. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook