Akad Nikah Dibatasi 10 Orang

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 01 April 2020 - 12:57:13 WIB   |  dibaca: 113 kali
Akad Nikah Dibatasi 10 Orang

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Mewabahnya virus korona membuat Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang memberlakukan aturan untuk pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Aturan ini sesuai surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang perubahan atas surat edaran Menteri Agama nomor 3 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran korona virus pada Kementerian Agama. "Penutupan pelayanan nikah merupakan instruksi dari pusat untuk kompak mencegah virus korona," kata Kepala Kementerian Agama Pandeglang Endang, Senin (31/3).

Dalam surat edaran tersebut, kata Endang, meski pelayanan KUA ditutup sementara karena pegawai harus bekerja di rumah. Pelayanan akad nikah tetap berjalan dengan syarat menjaga sterilisasi kesehatan. "Bagi yang memiliki jadwal nikah di KUA untuk pelaksanaannya maksimal 10 orang, termasuk pengantin wajib memakai masker dan sarung tangan, dan dibatasi jaraknya minimal satu meter. Dan di situ baik wali, dua saksi, kepala KUA, dan yang hadir harus dibatasi," ungkapnya.

Menurutnya, aturan pelaksanaan nikah sudah berjalan di lingkungan masyarakat. Tujuannya, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona. "Sudah berjalan. Semua masyarakat yang mau nikah pada mengikuti aturan yang berlaku," ujarnya. Endang mengimbau, warga yang akan melangsungkan pernikahan untuk mengikuti aturan pemerintah.

Dia berharap, masyarakat dapat saling mencegah penyebaran virus korona. "Ikuti aturan yang ada. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit korona dan memohon doa kepada Allah SWT," harapnya.

Kepala Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan, Ibnu Hajar mengatakan, ada beberapa warga di desanya yang melangsungkan pernikahan dengan mengikuti aturan yang diminta oleh pemerintah.

"Ya, nikah tetap jalan, tapi dibatasi tidak boleh lebih dari 10 orang. Kemarin saja ada warga saya yang nikah, tapi yang hadir hanya 6 orang, perwakilan dari keluarga perempuan, laki-laki, penghulu dan RT," katanya. (yanadi/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook