Untirta Perpanjang Masa Kuliah Daring

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 03 April 2020 - 16:50:52 WIB   |  dibaca: 1163 kali
Untirta Perpanjang Masa Kuliah Daring

MANTAU BANTUAN: Fatah Sulaiman Rektor Untirta memantau bantaun dari Untirta peduli untuk masyarakat Banten dalam bentuk pemasangan wastafel, belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA-Menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13 A Tahun 2020 Tentang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, dan Keputusan Pemerintah Banten yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona, serta mempertegas Surat Edaran Rektor Untirta No. B/3/UN43/TU.00.00/2020 tentang Pencegahan dan Kewaspadaan Dini terkait Covid-19, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan memperpanjang kegiatan belajar mengajar daring.


Menurut Fatah Sulaiman, Rektor Untirta, pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran Rektor Untirta No. B/4/ UN43/TU.00.00/2020, tentang Kebijakan Umum Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Untirta.


"Isi surat edaran tersebut diantaranya adalah kegiatan perkuliahan dilaksanakan melalui perkuliahan jarak jauh dalam bentuk perkuliahan secara online, perkuliahan model daring ataupun dalam bentuk penugasan di rumah yang semula berlaku sampai dengan Hari Jumat tanggal 3 April 2020 diperpanjang sampai dengan perkuliahan akhir semester genap ini selesai," kata Fatah kepada Banten Raya, kemarin.


Ia menjelaskan, bentuk perkuliahan model daring online dapat menggunakan fasilitas spada.untirta.ac.id atau fasilitas lainnya seperti zoom, google meet, google classroom atau sejenisnya. "Kegiatan pembimbingan tugas penelitian, tugas akhir (proposal dan skripsi), magang, dan sejenisnya tetap berjalan dan dilakukan secara online. Dalam keadaan yang memaksa dapat dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan konsep social distancing dan physical distancing ditetapkan pemerintah," ujarnya.


Kegiatan ujian sidang, lanjutnya, baik sidang usulan penelitian, sidang skripsi, ataupun yang sejenis dilakukan secara jarak jauh menggunakan beberapa fasilitas spada.untirta.ac.id atau fasilitas lainnya seperti zoom, google meet, google classroom atau sejenisnya. "Apabila dalam kondisi yang memaksa dapat dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan konsep social distancing dan physical distancing ditetapkan pemerintah. Oleh karena itu pimpinan fakultas, pascasarjana, jurusan, dan program studi wajib memfasilitasi sistem ujian tersebut," ungkap Fatah.


Terkait Ujian Akhir Semester (UAS), kata Fatah, dilaksanakan dalam bentuk: UAS Online, Take Home atau dalam bentuk penugasan di rumah. Dalam kesmepatan itu, Fatah juga mengimbau kepada masing-masing Pimpinan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Jurusan, dan Ketua Program Studi wajib menyediakan perangkat dan sistem yang memadai guna memastikan kegiatan perkuliahan secara online, perkuliahan model daring ataupun dalam bentuk penugasan di rumah dapat berjalan sesuai kaidah akademik.


"Pelaksanaan kegiatan Wisuda Gelombang I 2020 yang sedianya akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 11 April 2020 ditunda sampai dengan kondisi darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona berakhir. pelaksanaan Wisuda akan diinformasikan lebih lanjut," tegasnya.


"Kegiatan pelayanan akademik baik di universitas, fakultas, atau unit – unit lainnya tetap berjalan dengan menggunakan pelayanan secara online, apabila dalam kondisi yang memaksa dapat dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan konsep social distancing dan physical distancing ditetapkan pemerintah<" sambung Fatah. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook