IGI Dorong Literasi dikalangan Guru

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Minggu, 05 April 2020 - 19:55:15 WIB   |  dibaca: 446 kali
IGI Dorong Literasi dikalangan Guru

IGI untuk Banten Raya 200 peserta pelatihan menulis buku langsung terbit yang dilaksanakan oleh Sagusaku Ikatan Guru Indonesia di Bolmong Sulawesi Utara belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA-Ikatan Guru Indonesia (IGI) mendorong guru yang ada di Indonesia untuk rajin menulis. Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan menulis buku bagi guru yang berada di Indonesia.

Menurut Nurbadriyah, Sekretaris Ketua Harian 1 Pengurus Pusat IGI, pelatihan menulis buku untuk guru ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru bahasa Indonesia untuk mampu menulis buku.

Dalam kegiatan ini, kata Nur sapaan akrabnya, dengan menggunakan aplikasi yang sederhana yang sudah berada di android. Para peserta mendapatkan bimbingan cara menulis buku, mengedit tulisan sampai menjadi buku. "Setelah pelatihan ini hasil tulisan para peserta akan langsung diterbitkan. Untuk pra cetak tidak dipungut biaya alias gratis," kata Nur kepada Banten Raya, kemarin.

Nur yang juga menjabat Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia SMA Provinsi Banten ini mengaku, kegiatan ini sudah berjalan sejak 11 Februari 2017 lalu yang dilaksanakan di Kota Serang. Kemudian para pengurus tiap pekannya melakukan road show dari satu kota ke kota lain yang ada di Indonesia untuk menularkan virus literasi ini kepada guru Bahasa Indonesia di seluruh Indonesia. "Jika Pak Nadium baru mengkampanyekan guru relawan, kami sudah melakukan sejak Tahun 2017 tanpa menggunakan APBD dan APBN," ungkapnya.

Tahun lalu, lanjut Nur, pihaknya pernah mengumpulkan 1000 penulis se-Indonesia di Perpustakawan Nasional untuk membudayakan literasi di masyarakat. Artinya, sebelum ada gembor-gembor guru penggerak dari Kemendikbud,  IGI sudah lama bergerak dan menggerakkan. 

Ia menilai, organisasi yang hebat bukan hanya bergerak tapi menggerakkan.  Begitu juga pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang bukan hanya bergerak sendiri, tapi mampu menggerakkan semua elemen di bawahnya. 

Bukan hanya menghasilkan karya,  berbagai event nasional dan internasional pernah dilakukan untuk memamerkan karya IGI.  Sharing and Growing together juga pernah dilakukan IGI. Rencananya, Mei 2021 sepuluh ribu penulis IGI akan dikumpulkan sebagai bentuk apresiasi terhadap para guru kreatif. (satibi)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook