Naskah Bendung Pamarayan akan Diterjemahkan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Minggu, 05 April 2020 - 20:21:27 WIB   |  dibaca: 170 kali
 Naskah Bendung Pamarayan akan Diterjemahkan

TANJUNG/BANTEN RAYA SIAP DITERJEMAHKAN: Pegawai DPAD Kabupaten Serang berkoordinasi dengan pihak ANRI dalam pengumpulan naskah Bendung Pamarayan Lama, belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA - Naskah sejarah Bendung Pamarayan Lama berbahasa Belanda yang berada di Desa Panyabrangan, Kecamatan Pamarayan akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Penerjemahan dilakukan setelah pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) behasil mengumpulkan naskah sejarah Bendung Pamarayan Lama tersebut dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Layanan Pelestarian Bahan Perpustakaan DPAD Kabupaten Serang Ema Rukmini Dewi mengatakan, pengumpulan naskah sejarah Bandung Pamarayan Lama dilakukan dari Januari sampai dengan Maret tahun ini. "Alhamdulillah kita sudah bisa mengumpulkan naskah sejarah Bendung Pamarayan lama dari ANRI selama tiga bulan," kata Ema saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/4).

Ia mengungkapkan, naskah sebanyak tiga bundel tersebut ditulis menggunakan bahasa Belanda dalam bentuk tulisan tangan dan tulisan mesik ketik. "Jadi bentuknya bukan seperti buku yang sudah tersusun rapi, tapi masih berbentuk lembaran-lembaran. Lumayan cukup tebal jumlah lembarannya belum kita hitung. Rencananya di anggaran perubahan akan kita terjemahkan. Kita akan cari penerjemah yang benar-benar menguasai bahasa Belanda," ujarnya.

Ema menuturkan, jika naskah tersebut berhasil diterjemahkan, maka akan menjadi satu-satunya naskah sejarah Bendung Pamarayan Lama paling akurat dan komprehensif. "Sudah banyak sih sejarah tentang Bendung Pamarayan Lama yang bisa dicari di google tapi yang paling akurat kami meyakini yang ada di naskah yang akan kita terjemahkan karena ditulis saat proses pembangunan Bendung Pamarayan Lama berlangsung," paparnya.

Selain itu, Ema juga mengatakan, pihaknya akan mencari dokumen yang berkaitan dengan sejarah yang ada di Kabupaten Serang seperti sejarah titik nol di Kecamatan Anyer. "Secara bertahap peninggalan sejarah di Kabupaten Serang yang memungkinkan memiliki naskah sejarahnya akan kita cari di ANRI. Mudah-mudahan dengan adanya naskah sejarah yang akurat dan komprehensif, masyarakat kita terutama pelajar mau membaca sejarah," tuturnya.

Selanjutnya, naskah sejarah yang nantinya diterjemahkan tersebut akan diperbanyak agar masyarakat bisa mengaksesnya secara mudah. "Mudah-mudahan saja tidak ada kendala dalam penerjemahannya karena kalau kita lihat, naskahnya sudah cukup tua dan harus ada kemampuan khusus untuk bisa membacanya. Naskahnya sekarang sudah kita simpan di lemari khusus," harapnya. (tanjung) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook