Jamkrida Banten Proyeksi Klaim Penjaminan Naik

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Kamis, 09 April 2020 - 11:47:58 WIB   |  dibaca: 73 kali
Jamkrida Banten Proyeksi Klaim Penjaminan Naik

PEDULI : Direktur Jamkrida Banten Ahmad Rohendi (tengah) menyerahkan bantuan CSR berupa galon, sabun cair, dan masker untuk warga di Lingkungan Karundang, Kota Serang dalam upaya pencegahan virus korona, Rabu (8/4).

SERANG, BANTEN RAYA – PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Banten memproyeksi klaim penjaminan kredit pada tiga hingga empat bulan kedepan akan mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini disebabkan, volume kredit bermasalah dan bisnis penjaminan yang terdampak penyebaran pandemi korona (Covid-19).

Hal ini dibenarkan Direktur Jamkrida Banten Ahmad Rohendi saat dihubungi wartawan Banten Raya, kemarin.“Pasti dampaknya akan signifikan bagi kita. Karena potensi kemacetan yang disebabkan ketidak mampuan membayar nasabah, disebabkan usahanya gagal, pasti ujungnya akan ke kami (lembaga penjaminan-red),” ujar Ahmad Rohendi.

Pria yang baru merayakan ulang tahun pada 6 April kemarin ini mengatakan, kenaikan klaim penjaminan akibat Covid-19 tersebut, diproyeksi sejalan dengan kualitas kredit perbankan yang terganggu.“Saya kira ini akan relevan dengan (angka) kredit macetnya. Tapi semantara ini saya belum dapat angka kredit macetnya berapa. Kalau angk kredit macetnya ada sekian persen, klaim juga akan naik sekian persen,” katanya.

Untuk perkiraan berapa jumlah klaim penjaminan yang akan dikucurkan perseroan, Rohendi bilang saat ini masih dalam proses penghitungan.“Memang karena dampak Covid-19 ini baru terasa secara ukuran waktu itu di kolektabilitas 4 dan 5, berarti baru muncul sangat signifikan, muncul paling cepat itu 3-4 bulan yang akan datang,” katanya.

Kendati baru ketahuan dalam empat bulan kedepan lanjut Rohendi, proses pengajuan klaim dari nasabah tidak menutup kemungkinan akan jauh lebih cepat.“Dan Itu akan sangat terasa sekali. Terkecuali ada pengusaha yang masya Allah meninggal karena Covid-19, itu bisa lebih awal (cepat) proses klaimnya,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan kinerja yang telah di audit, kinerja PT Jamkrida Banten pada tahun 2019 sangat positif. Hal tersebut tercermian dari  jumlah laba yang diperoleh mengalami kenaikan dari Rp1,94 milir pada tahun 2018 menjadi Rp2,09.

Kemudian, total aset perseroan juga meningkat dari Rp81,1 miliar naik menjadi Rp126,3 pada tahun 2019.Sedangkan outstanding penjaminan retensi sendiri dari Rp932,09 miliar pada tahun 2018, naik menjadi Rp967,11 miliar pada tahun 2019. (ismet)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook