Dishub Karantina Penumpang dan Batasi Angkutan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 09 April 2020 - 12:12:03 WIB   |  dibaca: 153 kali
Dishub Karantina Penumpang dan Batasi Angkutan

CEK SUHU TUBUH: Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Maman Luthfi (kanan) memeriksa suhu tubuh di Terminal Pakupatan, Kota Serang, belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang mulai pekan depan merencanakan karantina terhadap para penumpang angkutan umum dan pembatasan angkutan umum (angkum) yang masuk ke Kota Serang. Karantina penumpang itu sebagai upaya untuk menghambat laju penyebaran corona virus diseases (Covid-19) atau korona, di Ibukota Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Maman Luthfi mengatakan, rencananya karantina penumpang dan pembatasan angkutan umum tersebut mulai dilaksanakan pada pekan depan, dengan membuka posko di beberapa titik.

“Minggu depan pelaksanaan dan sudah komunikasi dengan Polda. Posko sudah kami gambar, rencananya di Patung Debus, terminal Pakupatan, Sempu Cipocok Jaya dan Kepandean,” ungkap Maman didampingi Ketua DPRD Kota Serang, usai rapat terbatas di ruang kerja Walikota Serang Syafrudin, Puspemkot Serang, Rabu (8/4) siang.

Ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan polisi lalu lintas Polda Banten dan telah mendapat persetujuan.“Komunikasi tahap awal sudah, dengan Kasatlantas rencana isolasi penumpang yang dari luar ke Kota Serang. Itu pun sudah di setujui dan diapresiasi,” akunya.

Maman mengungkapkan, untuk penerapan itu pihaknya masih ada beberapa tahapan dan kajian, karena dalam melakukan karantina atau isolasi terhadap penumpang dari luar daerah diperlukan sarana, prasarana serta persetujuan dari kepala daerah.“Tentu kami perlu waktu diskusi untuk tahapannya seperti apa dan bagaimana," katanya.

Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, pihaknya diundang oleh Dishub Kota Serang membahas penerapan pembatasan kendaraan dan karantina penumpang yang masuk ke Kota Serang.“Tim kami yang diundang. Dan hari ini beliau (Dishub) sudah melakukan penyemprotan di Rau, terminal, angkot, dan mengajukan pembatasan kendaraan dari luar,” ujar Budi.

Menurut dia, apabila pembatasan dan karantina tersebut ingin diterapkan di Kota Serang, harus ada koordinasi dengan Polres Serang Kota sebagai pemegang wilayah hukum.“Iya, tapi harus kordinasi juga dengan Polres. Kalau walikota memang sudah setuju, tapi masih menunggu komunikasi dengan Polres,” tutupnya. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook