Hand Sanitizer Unbaja Gunakan Tiga Campuran

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 10 April 2020 - 19:27:53 WIB   |  dibaca: 299 kali
Hand Sanitizer Unbaja Gunakan Tiga Campuran

Satibi/Banten Raya DAFTAR ULANG: Mahasiswa Unbaja disediakan hand sanitizer saat melakukan daftar ulang, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Pusat Studi Lingkungan Universitas Banten Jaya (Unbaja) membuat hand sanitizer yang menggunakan tiga campuran, yaitu alkohol, hidrogen peroksida 3 persen, gliserol secukupnya. Hal tersebut disampaikan Fitriyah Pipit, Direktur Pusat Studi Lingkungan Unbaja.

Menurutnya, pembuatan hand sanitizer ini salah satu bentuk kontribusi Pusat Studi Lingkungan Unbaja untuk melakukan pencegahan covid-19 di lingkungan kampus. Untuk pembuatan hand sanitizer sendiri hanya membutuhkan dana Rp300 ribu untuk memberikan tiga bahan yaitu alkohol, hidrogen peroksida, gliserol dan botol.

Ia menjelaskan, pembuatannya pun sangat sederhana yaitu dengan mencampur ketiga bahan tersebut setelahnya dilakukan perhitungan kadar konsentrasi dari ketiga bahan tersebut. Setelahnya dicampur, kemudian kami memasukan ke dalam botol.

"Dari anggaran sebesar Rp300 ribu, kami berhasil membuat beberapa liter hand sanitizer. Sebenarnya kami ingin membuat lebih banyak, namun karena stok alkohol yang terbatas di pasaran, sehingga kami hanya membuat beberapa liter," kata Fitri sapaan akrabnya kepada Banten Raya.

Fitri mengaku hand sanitizer tersebut dibagikan kepada civitas akademik Unbaja, tukang ojek online, mahasiswa dan diletakkan di fasilitas umum kampus seperti perpustakaan, layanan akademik dan fasilitas umum lainnya yang ada di kampus. "Pembagian hand sanitizer ini dibagikan secara cuma-cuma. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan kampus, dan membantu tukang ojek online dan masyarakat umum yang kesulitan mendapatkan hand sanitizer," ungkap Fitri.

Dalam kesempatan itu, Fitri berharap pembagian hand sanitizer ini dapat membantu pemerintah untuk memutus penyebaran covid-19 di Banten. "Covid-19 tidak hanya persoalan pemerintah, namun semua pihak untuk bisa membantu memutus penyebaran wabah covid-19 ini," imbuhnya. (satibi)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook