Jadwal UTBK dimulai Bulan Juni

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 10 April 2020 - 19:30:54 WIB   |  dibaca: 507 kali
Jadwal UTBK dimulai Bulan Juni

PANTAU PELAKSANAAN UTBK: Fatah Sulaiman, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memantau pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilaksanakan di Kampus Teknik Untirta, tahun kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Lembaga Tes Masuk Perguruan tinggi (LTMPT) akhirnya memutuskan, pendaftaran dan pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) masuk perguruan tinggi negeri akan dilaksanakan awal Juni mendatang.

Menurut Mohammad Nasih, Ketua Tim Pelaksana LTMPT, pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Ia menjelaskan, untuk pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan tanggal 2 sampai dengan 20 Juni mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan UTBK sendiri, lanjut Nasih, akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 12 Juli mendatang. Untuk pengumuman SBMPTN akan dilaksanakan tanggal 25 Juli mendatang.

Ia mengaku, keputusan tersebut setelah LTMPT memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya covid-19, dan surat edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan. 

Nasih menjelaskan, materi tes UTBK yang diujikan adalah tes potensi skolastik. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari, dan pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan. "Dalam mengisi formulir pendaftaran peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih perguruan tinggi negeri dan Program Studi tujuan," kata Nasih kepada Banten Raya, Senin (6/4).

Nasih menambahkan, jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK serta SBMPTN ini sudah disampaikan kepada seluruh perguruan tinggi yang berada di Indonesia, melalui surat edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020, tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK Tahun 2020. "Saya berharap semuruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia mensosialisasikan kebijakan tersebut, dan mempersiapkan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN di masing-masing perguruan tinggi," harapnya. 

Dapat disampaikan, sebelum ada penundaan, pendaftaran UTBK tahap pertama seharusnya dijadwalkan  dilaksanakan pada 30 Maret-11 April 2020, dan tes UTBK tahap pertama akan dilaksanakan pada 20-26 April 2020. Sementara untuk pendaftaran UTBK tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 April 2020, dan tes UTBK tahap kedua akan dilaksanakan pada 1-3 Mei 2020. Namun karena adanya wabah covid-19 akhirnya LTMPT menunda pendaftaran dan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan. (satibi)

Jadwal Kegiatan UTBK dan SBMPTN Tahun 2020

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Tanggal 2 sampai dengan 20 Juni 2020.
  • Pelaksanaan UTBK Tanggal 5 sampai dengan 12 Juli.
  • Pengumuman SBMPTN Tanggal 25 Juli.
     

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook