Dayung Matangkan Kekuatan dan Teknik

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Jumat, 10 April 2020 - 20:04:27 WIB   |  dibaca: 266 kali
 Dayung Matangkan Kekuatan dan Teknik

Net Ilustrasi

TANGERANG, BANTEN RAYA - Atlet dayung Banten terus menjalani pemusatan latihan di dua lokasi yakni Kawasan Jatiluhur dan Situ Cipondoh, Kota Tangerang. Kini mereka fokus untuk mematangkan kekuatan dan teknik agar nantinya di PON Papua bisa membawa pulang medali emas.  

Pelatih dayung Banten Ahmad yaman mengatakan, pihaknya terus berlatih untuk meningkatkan kekuatan fisik dan teknik lantaran PON Papua tinggal hitungan bulan saja. “Kami tidak mau terpengaruh isu PON Papua diundur atau lainnya. Kami memilih fokus sebelum ada pengumuman resmi dari pemerintah terkait PON Papua,” katanya.  

Program latihan yang dilakukan sepekan penuh tersebut masih dalam tahap persiapan umum. Dimana tahapan ini sudah dijalani atlet sejak Januari dan akan selesai pada akhir April nanti.
Dikemukakan Yaman tahapan persiapan umum yang dilakukan atlet setiap hari adalah mematangkan kemampuan dalam hal daya tahan kekuatan. Diharapkan nantinya atlet memiliki kemampuan yang maksimal saat latihan tahap pra kompetisi maupun pertandingan.

Semua atlet yang menjalani Pelatda diungkap Yaman saat ini menjalani latihan dengan optimal termasuk yang menjalani latihan di Jatiluhur bersama klub Gajahmada. Ini terpantau karena atlet yang menjalani latihan di Jatiluhur wajib memberikan laporan latihan via aplikasi whatsapp. "Apalagi sekarang ini atlet baru menerima uang pembinaan dari KONI Banten, mereka tambah semangat. Ada yang latihan sehari dua kali ada yang sehari tiga kali," ungkap Yaman.

Kondisi ini diungkap Yaman sangat berpengaruh pada hasil latihan. Diakuinya peningkatan kemampuan atlet cukup signifikan dan terlihat dari kayuhan yang dicapai atlet saat latihan. "Kalau untuk mengukur secara waktu kita belum bisa lakukan ditengah kondisi ini, tapi secara hitungan saat latihan peningkatannya cukup baik," jelasnya.

Diakui Yaman saat ini kendala yang dihadapi Pelatda cabor dayung adalah soal ujicoba terutama mengukur kemampuan dengan daerah lain. Dan itu coba diatasi oleh pihaknya dengan melakukan ujicoba dengan sesama atlet Banten.

Hanya saja saat ini belum bisa dilakukan atlet dayung Banten, karena saat ini masih dalam tahapan persiapan umum. Ujicoba dengan sesama atlet Banten dilakukan secara individu lebih dulu. "Ya karena programnya di persiapan umum yang kami kejar kemampuan individu dulu. Kalau untuk dragon boat kita ujinya secara individu dengan individu dulu, baru nanti setelah persiapan umum kita matangkan kemampuan secara tim," pungkasnya. (rbnn/hendra)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook