Pengguna Jalan Wajib Pakai Masker

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 10 April 2020 - 20:19:07 WIB   |  dibaca: 259 kali
Pengguna Jalan Wajib Pakai Masker

Syaiful Adha/Banten Raya GRATIS: Walikota Tangerang Arief R Wismansyah membagikan masker kepada tukang ojek yang sedang ngetem, kemarin.

KOTA TANGERANG, BANTEN RAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang akan menerapkan kebijakan untuk mewajibkan pengguna kendaraan menggunakan masker ketika melintas di jalan raya. Kebijakan ini berlaku baik untuk pengendara maupun penumpang angkutan umum termasuk Bus Rapid Transit (BRT). Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah penularan Covid-19 di Kota Tangerang. 

Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengatakan penerapan kebijakan ini akan mulai berlaku pada Senin (13/4) pekan depan. Untuk sementara, selama 1 minggu kedepan jajaran Dishub Kota Tangerang akan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat. "Besok (hari ini) kita akan mulai melakukan sosialisasi atau imbauan turun ke jalan. Imbauan semua pengguna jalan, ojek online, penumpang angkutan umum maupun sopirnya," ujarnya, kemarin.

Pihaknya pun saat ini telah menyiapkan masker yang akan diberikan kepada target tersebut. Dengan tujuan untuk menyadarkan masyarat akan pentingnya menggunakan masker di jalan terutama di tengah-tengah pandemik Covid-19 ini. "Itu sebagai pemantik. Selama seminggu ini kita imbau sekaligus memberikan masker gratis ke masyarakat yang belum menggunakannya," kata mantan Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Tangerang ini. 

Namun sampai batas waktu yang telah ditetapkan, apabila masyarakat masih belum menggunakan masker di jalan maka Dishun Kota Tangerang akan menindak tegas. Mereka akan disuruh pulang dan tetap berada di rumah. "Sakleknya kita akan suruh pulang cari masker. Karena kan semangatnya kita ingin wabah ini (Covid-19) segera usai karena sudah banyak saudara kita yang meninggal karena ini," kata Wahyudi. 

Sebenarnya lanjut Wahyudi penggunaan masker di jalan tak harus masa pandemik Covid-19 saja. Namun untuk seterusnya karena berkaitan dengan kesehatan. "Pemkot Tangerang juga telah mengimbau masyarakat untuk pakai masker karena ini dapat mencegah penularan virus ini. Pakai masker di jalan juga bukan hanya karena takut Covid-19 saja. Tapi kesehatan pernafssan kota kan tidak tahu apa yang dihirup di jalan," paparnya. 

Pemerintah Kota Tangerang juga telah mengeluarkan seruan penggunaan masker untuk seluruh masyarakat di Kota Tangerang. Seruan Walikota dengan nomor 2 Tahun 2020 tentang Penggunaan Masker untuk Mencegah Penularan Corona tersebut resmi dikeluarkan pada Minggu (5/4) kemarin. "Walikota meminta seluruh warga selalu menggunakan masker ketika berada atau beraktivitas di luar rumah tanpa kecuali," ujar Kabag Humas Pemkot Tangerang Buceu Gartina.(mg-ipul)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook