Polres Luncurkan Program Keselamatan 2020

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 16 April 2020 - 17:50:09 WIB   |  dibaca: 138 kali
Polres Luncurkan Program Keselamatan 2020

Ainul Gillang / Banten Raya Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana Saat Memberikan Bantuan Kepada pengemudi Angkutan Umum di Mapolres cilegon, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA- Polres Cilegon bersama Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) Cabang Cilegon melakukan Launching Program Keselamatan 2020. Peluncuran program yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia tersebut, merupakan lanjutan instruksi pemerintah meluncurkan bantuan sosial yang digabungkan dengan pelatihan bagi sopir transpotasi umum yang terdampak Covid-19, Rabu (15/4).

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, wabah Covid-19 mengakibatkan dampak yang cukup terasa diseluruh sendi kehidupan masyarakat. Khusus pada sektor ekonomi, ditandai oleh anjloknya aktifitas berbagai moda transportasi hal tersebut terlihat dari menurunnya jumlah aktivitas angkutan barang sebesar 50 persen dan 70 untuk angkutan penumpang di berbagai moda transpotasi umum.

"Kondisi ini sangat memukul saudara-saudara kita yang berprofesi pada bidang transportasi umum, bahkan untuk pengemudi taksi dan ojek, pendapatan mereka terjun bebas hingga mencapai 80 persen. Kondisi inilah yang mendorong lahirnya kebijakan Presiden RI, untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19, khususnya bagi kalangan pengemudi transportasi umum," ujar Yudhis.

Yudhis membeberkan Program Keselamatan 2020, yang masyarakat berprofesi sebagai pengemudi bus dan truk, pengemudi taksi, kernet, pengemudi ojek online dan pangkalan, penarik becak, maupun kusir delman itu tidak hanya berfokus pada pemberian bantuan sosial, namun juga disisipi dengan kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 dan pelatihan keselamatan berkendara. 

"Program Keselamatan akan berlangsung mulai hari ini sampai bulan Juli 2020, di mana untuk anggarannya menggunakan anggaran DIPA Polri target kita sebanyak 1500 masyarakat yang berprofesi sebagai sopir, ojek dan lainnya," bebernya.

Ia berharap kepada para pengemudi, agar dapat mengikuti program dengan baik dan menjadikan program ini sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman terkait pencegahan Covid-19 dan keselamatan berkendara, sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup para peserta program. "Saya berharap Program Keselamatan dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat, serta dapat semakin mendekatkan Polri kepada masyarakat," harap Yudhis.

Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman menjelaskan, dalam program ini, setiap peserta yang terdaftar akan diberikan 1 unit Kartu Debit BRI sebagai media penerimaan dana bantuan sosial sebesar Rp 600 ribu rupiah perbulannya. "Sebelum menerima bantuan tersebut, para peserta wajib mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 pada bulan pertama, dan pelatihan safety driving pada bulan kedua dan ketiga," jelas Ali. (gillang)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook