Harga Gula Pasir Masih Tinggi

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 22 April 2020 - 20:55:09 WIB   |  dibaca: 182 kali
Harga Gula Pasir Masih Tinggi

Net/industri

CILEGON, BANTEN RAYA – Harga gula pasir di pasaran mencapai Rp19 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) senilai Rp12.500 perkg yang sudah ditentukan pemerintah. Kepala UPTD Pasar Baru Kranggot Aceng Syarifudin menjelaskan, sampai sekarang harga gula pasir masih dikisaran Rp18 ribu sampai 19 ribu per kg. Angka tersebut masih terbilang sangat tinggi dari nilai HET sebenarnya. “Harganya masih dikisaran Rp18 ribu sampai Rp19 ribu,” ungkapnya saat dikonfirmasi Banten Raya melalui telepon seluler, Selasa (20/4). 

Bahkan, untuk gula kemasan masih cukup langka di pasaran. "Ada, hanya gula curah saja, kalau gula kemasan itu masih langka," jelasnya. 

Aceng menjelaskan, sampai sekarang belum ada informasi soal akan adanya operasi pasar oleh pemerintah untuk menekan harga gula tersebut. “Belum ada informasinya, hanya dari beberapa pemberitaan itu akan ada gula juga dari sejumlah pabrik rafinasi,” ucapnya.

Aceng menyatakan, sebagai bahan pokok makanan saat Ramadan nanti, harga gula pasir diharapkan mengalami penurunan. Sebab, para pembeli juga berharap harga gula pasir juga bisa kembali normal sesuai HET.  “Ini kan bahan pokok, apalagi Ramadan itu semuanya rata-rata mengonsumsi yang manis-manis, pembeli di sini juga berharap bisa murah,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Direskrimsus Polda Banten melakukan sidak ke pabrik gula rafinasi yang ada di Kota Cilegon. Direktur Reskrimsus Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifuddin meminta kepada masyarakat untuk melapor jika gula pasir di pasar harganya di atas HET. 

“Kalau ada yang jual melebih harga eceran tertinggi maka akan kita telusuri, di mana yang menyebabkan mahal. Apakah memang dari pabriknya, atau dari distributornya, atau memang pengecernya yang menaikan harga,” kata mantan Direktur Polairud Polda Banten ini. (uri)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook