570 Pedagang dan IKM Bakal Dapat Bantuan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Minggu, 26 April 2020 - 20:06:56 WIB   |  dibaca: 71 kali
570 Pedagang dan IKM Bakal Dapat Bantuan

Net/Ilustrasi

CILEGON, BANTEN RAYA - Sebanyak 489 pedagang kaki lima (PKL) dan 90 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Cilegon akan diberikan bantuan jaring pengaman sosial (JPS). Total, ada 570 pedagng dan IKM yang akan mendapat bantuan berupa bahan baku untuk produksi usaha tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon Abadiah mengatakan, jaring pengaman sosial untuk PKL dan IKM sudah disiapkan. Bantuan yang diberikan bentuknya non-tunai. "Kita memberikan bantuannya berupa bahan baku untuk produksi bisnis PKL ataupun IKM," kata Abadiah, Jumat (24/4).

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah menganggarkan Rp 74,5 miliar untuk penanganan virus korona, baik dari sektor kesehatan, ekonomi dan jaring pengaman sosial (JPS). Dari total anggaran tersebut, Disperindag Kota Cilegon mendapatkan anggaran sebesar Rp 135 juta untuk bantuan IKM, Rp 216 juta untuk dukungan sarana dan prasarana kebersihan aktivitas perdagangan, dan Rp 244 juta untuk bantuan stimulus bagi PKL.

Dikatakan Abadiah, bantuan yang diberikan diharapkan bisa menjadi stimulus produksi bagi pelaku usaha kecil. Jika bantuan yang diberikan dalam bentuk uang, kata Abadiah, dikhawatirkan digunakan bukan untuk kebutuhan usaha. "Kita sifatnya merangsang agar usaha para PKL dan IKM bisa berjalan meski terdampak korona," jelasnya.

Disinggung terkait kondisi para pedagang di pasar, Abadiah mengaku tidak begitu terdampak korona. Sebab, masih banyak aktivitas perdagangan di pasar rakyat atau pasar tradisional.

"Saya sudah tanya ke beberapa pedagang di pasar, katanya pembelinya masih biasa-biasa saja. Tidak ada penurunan, bahkan saat H-1 ramadan pasarnya ramai warga yang membeli bahan pangan buat kebutuhan buka dan sahur," tuturnya.

Sekretaris Disperindag Kota Cilegon Bayu Panatagama mengatakan, PKL yang akan terima bantuan PKL yang terdata dan ada paguyubannya seperti di Jalan Lingkar Selatan (JLS), bunderan Cibeber, dan beberapa titik lainnya. "Bantuan itu baru untuk tahap satu. Bagi PKL yang bisnisnya kuliner," terangnya.

Bayu menambahkan, bantuan yang berikan berupa bahan untuk keperluan usaha. "Besarannya Rp 500 ribu. Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa membantu perekonomian PKL dan IKM," harapnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook